TutorialWhatsapp

Begini Cara Merekam Percakapan Telepon WA Tanpa Aplikasi, Aman dan Mudah!

cara merekam percakapan telepon wa tanpa aplikasi

Dalam beberapa kesempatan, merekam percakapan telepon WA merupakan hal yang wajib dilakukan. Entah untuk tujuan mengabadikan kenang-kenangan, ataupun untuk mengumpulkan sebuah bukti. Selain menggunakan aplikasi, cara merekam percakapan telepon WA tanpa aplikasi juga bisa dilakukan.

Aktivitas perekaman Android cenderung lebih mudah, karena banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan. Tetapi untuk perangkat iOS jauh lebih sulit, karena penggunanya tak diperkenankan merekam suara panggilan apapun. Lantas bagaimana cara melakukan perekamannya?

Cara Merekam Percakapan Telepon WA di iPhone Menggunakan Bantuan Perangkat Mac

Merekam percakapan telepon WA di iPhone alias perangkat iOS agak sulit karena peraturan yang ketat. Memang, iPhone juga memiliki fitur perekam suara dan layar seperti Android, namun panggilan tak akan terekam sekalipun sudah mengaktifkan fiturnya.

Tetapi, jika benar-benar membutuhkan rekaman teleponnya, pengguna ekosistem iOS bisa memanfaatkan iPhone dan MacBook miliknya. Mungkin terlihat merepotkan, namun dengan cara ini audio panggilan sudah pasti terekam. Berikut cara melakukan perekamannya:

  • Siapkan kabel lightning. Kabel ini berguna untuk menyambungkan iPhone dengan MacBook yang akan digunakan. Kliklah pilihan ‘Trust this computer’ apabila muncul peringatan di iPhone yang akan digunakan. Setelah ini, carilah fitur ‘QuickTime Player’ pada MacBook.

  • Hidupkanlah fitur QuickTime Player-nya. Dari menu ‘File’, hidupkanlah pilihan ‘New Audio Recording’. Nanti, di kotak ‘Audio Recording’, carilah tombol ‘Record’ dan kliklah tanda panah yang ada di sampingnya. Baru kemudian berikan centang pada pilihan ‘iPhone’.

  • Jika sudah, kliklah tombol ‘Record’ di kotak Audio Recording. Setelah ini, lakukanlah panggilan suara pada aplikasi WA dengan orang yang ingin pengguna rekam jejak panggilan suaranya. Jika sudah selesai melakukan panggilan, matikan panggilan telepon tersebut.

  • Untuk mengakhiri rekaman, kliklah tombol ‘Record’ di MacBook. Segera setelah pengguna menekan tombol untuk stop merekam suara, hasil rekaman tadi akan otomatis tersimpan di MacBook. Setelah ini, hasil rekaman bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Cara Merekam Percakapan Telepon WA di Android Menggunakan Screen Recorder Bawaan

Kebanyakan perangkat Android telah dibekali dengan screen recorder bawaan, yang jika diberi izin dapat merekam suara/video dari aplikasi apapun. Untuk melakukan cara merekam percakapan telepon WA tanpa aplikasi, fitur perekaman ini bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Mungkin cara penggunaan fitur perekaman layar di Android agak sedikit berbeda, mengingat beragamnya merek perangkat yang beredar. Namun, secara garis besar, konsep caranya sama dan bisa diterapkan di semua jenis Android. Berikut cara melakukan perekamannya:

  • Akseslah menu ‘Pengaturan/Settings’ terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan kolom ‘Search’ (jika ada), ketiklah ‘Screen Recording/Rekam Layar’. Jika tak ada fitur ‘Search’, cukup cari opsi ‘Screen Recording/Merekam Layar’ secara manual. Setelah itu, untuk mengaturnya bukalah opsi tersebut.

  • Ceklah kedua hal berikut ini. Agar video ataupun suara panggilan bisa terekam, pastikan bahwa fitur perekaman layar telah hidup dan fitur perekam suara telah aktif. Aturlah juga agar ‘Screen Recording’ bisa diakses melalui ‘Quick Settings’.

  • Mulailah melakukan perekaman. Aktifkan perekaman layar dari ‘Quick Settings’ sebelum melakukan panggilan. Tujuannya, agar seluruh percakapan yang terjadi dapat direkam tanpa terpotong. Memulai perekaman setelah panggilan dimulai beresiko membuat panggilan tak sengaja terputus atau terpotong.

  • Lakukanlah perekaman sampai panggilan selesai. Untuk mengakhiri perekaman, setelah panggilan ditutup, langsung saja kembali beralih menuju ‘Quick Settings’. Kemudian langsung matikan fitur ‘Screen Recording’ dan jangan lupa untuk menyimpan hasil perekaman layar dan suara tersebut.

Meskipun banyak beredar aplikasi pihak ketiga untuk merekam panggilan WA, cara manual tak boleh disepelekan. Cara merekam percakapan telepon WA tanpa aplikasi bisa dimanfaatkan untuk yang tidak bisa atau tidak mau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button