TutorialWhatsapp

Cara Membuat Tulisan Coret di WhatsApp Praktis di Android dan iPhone

cara membuat tulisan coret di whatsapp


Sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa untuk mengubah format penulisan seperti efek tercoret haruslah menggunakan aplikasi tambahan. Padahal sudah ada cara membuat tulisan coret di WhatsApp secara mudah tanpa bantuan aplikasi apa pun.

Fitur ini telah dikembangkan oleh WhatsApp sehingga bisa diterapkan pada berbagai tipe ponsel dan sistem operasi berbeda. Untuk bisa menerapkan fitur unik pada font di WhatsApp, ikuti cara penulisan dengan menyimak uraian berikut.

Cara Menulis Format Coret di Android

Menggunakan format penulisan yang beragam mungkin bisa memudahkan pengguna menyampaikan pesan yang mudah diingat pembaca. Termasuk dengan menerapkan format tulisan coret, misalnya untuk informasi yang merujuk pada kebalikan makna dari kata yang diberi coretan.

Pada ponsel Android ada dua cara yang bisa digunakan untuk menerapkan format coret pada kata atau bahkan huruf tertentu. Untuk mengetahui lebih jelas tentang langkah penulisan tanda coret di HP Android, mari simak berikut ini:

1. Menggunakan Tilde

Bagi yang masih awam dengan istilah tanda tilde, mungkin lebih mudah mengenalinya dengan simbol garis yang bergelombang (~). Simbol tilde ini biasa ditempatkan bersama dengan simbol aritmatika yang ada di layar keyboard.

Cara penerapannya adalah letakkan tanda tersebut tepat di awal dan akhir dari suatu huruf, kata, atau bahkan kalimat tertentu. Efektifnya dengan tidak memberikan spasi antara huruf dan simbol tilde, berikut contohnya: 

  • Huruf: ~K~ maka akan muncul K.

  • Kata: ~Kata~ yang tertulis adalah Kata.

  • Susunan kata tertentu: ~Kata~ ini ~dicoret~ hasilnya Kata ini dicoret.

  • Kalimat lengkap: ~Kalimat ini dicoret~ hasilnya Kalimat ini dicoret.

Cara membuat tulisan coret di WhatsApp lebih mudah digunakan pada versi web karena bisa menekan shortcut key. Terutama untuk menyalin banyak simbol tilde yang akan diterapkan di banyak bagian dari suatu pesan.

2. Memanfaatkan Fitur Lainnya

Selain menggunakan teknik penulisan manual dengan tanda bintang, seseorang bisa memanfaatkan fitur pengubah tulisan tercoret secara otomatis. Pada dasarnya menu ini juga bisa berguna untuk mengubah format penulisan menjadi tebal, monospace, ataupun tercetak huruf miring.

Sama seperti sebelumnya, teknik ini juga bisa diterapkan pada huruf, kalimat, atau kata tertentu yang dipilih pengguna. Tentunya dengan memilih satu per satu yang ingin dicoret, langkah selengkapnya dijabarkan pada poin di bawah ini:

  • Ketuk pada kolom pesan di WhatsApp.

  • Ketikkan pesan yang ingin disampaikan.

  • Tekan lalu tahan pada kata tertentu.

  • Dari pop up pilih titik tiga, ketuk Lainnya.

  • Muncul pilihan, klik Strikethrough

Cara Menulis Format Coret di iPhone

Bila tadi telah dijelaskan tentang cara mengubah format di Android maka kini saat mengetahui cara penerapannya pada ponsel iPhone. Meski menggunakan aplikasi yang sama, tetapi wajar bila setiap perangkat memiliki cara yang berbeda, yakni:

  • Jalankan WhatsApp, mulai chat dengan seseorang.

  • Ketikkan dulu hal yang ingin disampaikan.

  • Klik dan tahan salah satu kata.

  • Dari fitur pintasan pilih opsi B_I_U, pilih Coret.

Sebenarnya selain dari fitur pintasan di atas, pengguna juga bisa menggunakan format penulisan manual seperti pada Android. Bila ingin membuktikannya bisa lakukan percobaan penulisan pesan dengan mengikuti format dengan menggunakan tanda tilde (~). 

Demikian cara membuat tulisan coret di WhatsApp yang dapat diterapkan pada ponsel dengan jenis OS Android ataupun iPhone. Kelak tidak perlu repot untuk mengunduh aplikasi font secara khusus hanya untuk menggunakan tulisan coret di WhatsApp.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button