TeknologiTutorial

Ketahui Cara Mengembalikan Log Panggilan Yang Terhapus Tanpa Aplikasi Serta Penyebabnya!

cara mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi

Log panggilan merupakan salah satu hal penting yang berada dalam handphone, namun sering kali log panggilan ini hilang begitu saja. Terdapat cara mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi dengan mudah.

Tanpa aplikasi yang dimaksud adalah tanpa aplikasi yang harus didownload lagi atau aplikasi yang memiliki penyimpanan besar. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengembalikan log panggilan yang sudah terhapus.

Apa Penyebab Hilangnya Log Panggilan?

Sebelum membahas mengenai cara mengembalikan log panggilan, ada baiknya untuk mengetahui penyebab dari menghilangnya log panggilan. Penyebab hilangnya log panggilan pada handphone dapat disebabkan dari internal maupun eksternal.

Terdapat beberapa penyebab terjadinya log panggilan menghilang pada handphone yang dapat terjadi baik itu dikarenakan oleh faktor eksternal maupun internal. Berikut adalah macam-macam penyebab terjadinya log panggilan menghilang dari handphone:

  • Log panggilan sengaja untuk dihapus ataupun terhapus secara tidak sengaja.

  • Handphone yang di reset ke setelan pabrik dapat menjadi salah satu penyebab menghilangnya log panggilan.

  • Handphone yang terkena virus atau Malware juga dapat menyebabkan log panggilan telepon menghilang.

  • Handphone yang diperbaiki di konter biasanya membuat semua file, foto, video, bahkan log panggilan menghilang.

  • Perangkat handphone yang telah di root juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Cara Mengembalikan Log Panggilan yang Sudah Menghilang

Log panggilan pada handphone berguna untuk mengetahui siapa saja yang menghubungi. Selain itu, log panggilan juga memudahkan pengguna untuk menelepon seseorang dapat harus mengetikkan kembali nomornya.

Oleh karena itu, log panggilan sangat penting untuk ada pada handphone. Setelah mengetahui penyebab menghilangnya, di bawah ini adalah cara mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi tambahan, yaitu:

1. Menggunakan Google Drive

Cara pertama perlu dilakukan yakni dengan menggunakan google drive atau biasa disebut sebagai gdrive. Aplikasi google Drive biasanya sudah ada pada handphone android yang digunakan.

Aplikasi google Drive tidak perlu didownload lagi karena otomatis ada pada handphone. Adapun langkah untuk mengembalikan log panggilan menggunakan google Drive adalah sebagai berikut:

  • Membuka aplikasi WhatsApp dan masuk ke bagian setting.

  • Setelah itu, masuk ke bagian chats atau chat backup.

  • Apabila ponsel sudah terhubung dengan google Drive, maka akan muncul di Account Options. Dan apabila belum terhubung, maka bila menghubungkannya terlebih dahulu dengan Gmail.

  • Memilih data yang ingin disalin.

  • Dapat memulihkan log panggilan yang sudah terhapus atau pun hilang.

2. Menghubungi Layanan Seluler yang Digunakan

Cara mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi yang selanjutnya yakni menghubungi layanan seluler yang digunakan. Cara ini dapat sangat membantu apabila log panggilan yang menghilang memang sangat penting.

Pada umumnya, layanan seluler memang memiliki riwayat SMS maupun riwayat panggilan. Jadi, tidak ada salahnya bertanya jika memang hal yang sangat penting.

3. Menggunakan Backup Lokal

Cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Backup Lokal. Backup lokal biasanya menyimpan seluruh file mulai dari foto, video, bahkan audio sekalipun.

Selain itu, backup lokal juga menyimpan log panggilan pada handphone yang digunakan. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan log panggilan adalah sebagai berikut:

  • Membuka aplikasi file manager yang ada pada handphone. Langkah ini dilakukan untuk mencari file pada kartu SD.

  • Mencari folder dengan nama WhatsApp. Kemudian, dapat menekan file database dan menemukan file WhatsApp backup yang disimpan.

  • Lalu, dapat menguninstal aplikasi WhatsApp dan mendownloadnya kembali pada play store.

  • Setelah itu, tekan tombol restore agar seluruh file pada WhatsApp kembali termasuk riwayat log panggilan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi tambahan dengan mudah tanpa ribet. Setiap cara dapat dilakukan secara mandiri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button