HPwifi

Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet di HP? Ternyata Ini Penyebabnya

wifi tersambung tapi tidak bisa internet di hp

Wifi adalah salah satu jalan terbaik untuk bisa berselancar di Internet tanpa perlu khawatir kehabisan kuota dengan cepat. Namun ada juga kendala yang menyelimuti saat menggunakan wifi, contohnya adalah wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP dan itu cukup menjengkelkan.

Hal ini, bisa menghambat kinerja seseorang yang sedang beraktivitas di dunia internet. Jika wifi sedang masuk dalam kondisi seperti ini, biasanya tidak terjadi pada satu device saja. Lalu apa saja yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi?

1. Gangguan dari ISP

Hal pertama yang bisa jadi penyebab wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP adalah adanya gangguan yang berasal dari provider internet yang digunakan. Walaupun wifi sedang menyala dan sinyal bisa diterima dengan baik oleh smartphone, namun pengguna tetap tidak bisa berinternet karena gangguan jaringan dari provider.

Gangguan yang terjadi bisa berbagai macam, umumnya antara masalah dari cuaca ataupun sedang dilakukan perbaikan jaringan. Seringkali saat perbaikan jaringan menyebabkan masalah pada pengguna wifi, sehingga tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Untuk mengetahui hal ini, pengguna bisa menanyakan pada provider terkait yang menjadi tempat berlangganan internet. Tujuannya untuk mendapatkan jawaban pasti dari provider, apakah sedang ada masalah atau tidak pada jaringannya.

3. Masalah Pada Router

Saat bertanya pada ISP dan jawabannya tidak sedang terjadi gangguan pada jaringan, lantas selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah router. Selain gangguan dari jaringan, router yang bermasalah bisa jadi sumber penyebab wifi yang tidak bisa masuk ke internet sama sekali. Ini seringkali terjadi pada para pengguna wifi.

Jika kondisinya wifi yang bisa terhubung namun tidak ada akses internet sama sekali, biasanya ada sedikit error pada router yang bisa diselesaikan dengan menyalakan ulang router. Namun lain lagi jika wifi tidak bisa terhubung sama sekali, bisa jadi ada masalah pada router tersebut akibat kerusakan.

3. Kesalahan Pengaturan

Konfigurasi pengaturan pada Wifi tidak semudah kelihatannya apalagi dibandingkan dengan hotspot pada HP. Jelas pengaturan pada yang benar wifi jauh lebih banyak pilihannya. Jika ada salah pengaturan saja bisa jadi penyebab wifi yang tidak mau terhubung dengan internet.

Jika masalah ini terjadi, buka pengaturan wifi masing-masing dengan cara mengakses alamat IP dari wifi yang digunakan. Setelah itu, masuk ke pengaturan dan kembalikan semuanya ke pengaturan awal atau default. Jika hal ini sudah dilakukan, maka akses wifi ke internet kembali bisa normal.

4. IP Terkena Blokir

Penyebab lain HP tidak bisa internet meski sudah terhubung dengan jaringan WIfi adalah terjadinya pemblokiran alamat IP. Pemilik Wifi bisa saja melakukan pemblokiran alamat IP miliknya pada pengguna lain, jika wifi digunakan tanpa seizinnya. Biasanya, pemilik WIfi memiliki akses ini supaya wifi tetap aman dan tidak digunakan orang lain.

5. HP yang Bermasalah

Tidak bisa harus selalu menyalahkan router dan jaringan yang digunakan, bisa jadi penyebab atau masalah utamanya adalah pada HP yang digunakan. Apabila sudah seperti ini, maka tidak banyak cara yang bisa dilakukan selain memeriksa HP tersebut.

Cobalah gunakan HP lain untuk terhubung di koneksi wifi yang sama lalu lihat hasilnya. Jika bisa terhubung dengan internet, itu artinya ada yang salah dengan HP yang sedang digunakan sebelumnya. Cobalah restart sistem HP tersebut, dan coba untuk terhubung ulang dengan wifi.

Itulah beberapa penyebab dari wifi tersambung tapi tidak bisa internet di HP. Selama penyebab-penyebab itu masih ada dan tidak diselesaikan, maka terus menerus HP tidak bisa masuk ke internet. Solusinya sudah jelas dengan memperbaiki penyebab yang ada terlebih dulu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button