instagram

Bagaimana Cara Membuat Timer di Kamera IG? Begini Caranya!

cara membuat timer di kamera ig

Sebagai jejaring sosial yang menawarkan sensasi membagikan foto dan video populer di berbagai kalangan, Instagram telah menghadirkan beragam fitur menarik. Namun banyak yang tidak cara membuat timer di kamera IG, padahal cukuplah mudah.

Fitur Story di Instagram

Selain mengunggah foto dan video di beranda atau timeline, instagram juga menawarkan fitur cerita. Fitur story biasanya pengguna pakai untuk membagikan momen-momen yang hanya dapat terlihat dalam waktu singkat.

Ketika membagikan story di instagram, pengguna lain hanya dapat melihatnya selama 24 jam. Ketika jangka waktu tersebut telah habis, instastory tidak lagi dapat terlihat pengguna lain. Meski demikian, tak perlu khawatir, karena cerita masih tersedia di arsip user.

Dalam fitur unggah story, para instagramers bisa mengupload foto maupun video dengan durasi singkat. Apa lagi, tampilan cerita yang muncul di bagian atas membuat pengguna lain tertarik untuk melihatnya.

Selain itu, Instagram juga memberikan fitur menarik untuk berekspresi, salah satunya fitur hands-free. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan pengaturan waktu. Cara membuat timer di kamera IG lebih lanjut dijelaskan pada tahapan di bawah ini.

Cara Membuat Timer di Kamera IG

Story selalu bisa memberikan kesan bagi para penggunanya. Instagramers biasanya akan membagikan momen singkat dan dapat melihatnya kembali dalam arsip. Apa lagi dengan fitur highlight, unggahan story pun kini bisa menjadi galeri momen.

Nah, untuk membuat story yang lebih keren, Instagramers kini bisa melakukannya dengan fitur hands-free. Fitur ini memungkinkan pengguna instagram untuk menggunakan timer atau waktu untuk melakukan swafoto maupun membuat video.

1. Membuat Timer untuk Foto Instagram Story

Dengan fitur timer, instagramers bisa bersiap untuk selfie dengan pose terbaik. Instagram memberikan kesempatan selama 3 detik sebelum mulai untuk mengambil gambar. Untuk menggunakan fitur timer di kamera IG tersebut, berikut langkahnya:

  • Buka Instagram di ponsel.

  • Pada halaman utama, swipe layar dari kiri ke kanan. Pengguna kemudian akan diarahkan pada halaman foto atau video untuk pengambilan gambar.

  • Pilih menu Story.

  • Di bagian kanan atas, pilih tambahan. IG-ers bisa memilih menu Hands-Free.

  • Tekan dan tahan tombol “record”. Tombol ini berbentuk lambang lingkaran. Tekan hingga waktu hitung mundur muncul dari angka 3.

  • User bakal punya tiga detik untuk prepare. Setelah muncul angka 1, IG-ers dapat melepas tombol. Gambar segera di-capture otomatis.

  • Foto selfie siap untuk dibagikan. User akan diarahkan untuk menyiapkan Instagram Story.

  • Untuk membuat hasil foto yang lebih menarik, Instagramers juga bisa menambahkan tulisan maupun stiker pada Instagram Story.

2. Membuat Timer untuk Video Instagram Story

Selain untuk foto, cara membuat timer di kamera IG juga berguna untuk video. Instagram menyediakan fitur video story berdurasi 15 detik untuk dibagikan ke Instagramer lainnya. Langkahnya bisa dilakukan, sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram pada ponsel.

  • Pada halaman utama, sapu layar dari kiri ke kanan. User akan diarahkan pada halaman pengambilan foto atau video untuk pengambilan gambar.

  • Pilih menu Story.

  • Pada pojok kanan atas, pilih tambahan, user akan disajikan beberapa fitur. Pilih menu Hands-Free.

  • Tekan tombol record berlambang lingkaran sekali saja. Pengguna tidak perlu menahan tombol tersebut. Perekaman akan berjalan secara otomatis.

  • Instagram langsung merekam video selama 15 detik. Jika lebih dari durasi tersebut, maka video akan otomatis terpecah menjadi beberapa bagian.

  • Jika telah selesai, tekan kembali tombol perekaman. Kamera akan berhenti merekam dan secara otomatis video siap untuk dibagikan. User akan diarahkan untuk menyiapkan Instagram Story.

  • Supaya hasil video lebih menarik, user juga bisa menambahkan tulisan maupun stiker pada Instagram Story.

Demikianlah cara membuat timer di kamera IG yang ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna dapat berekspresi semakin bebas dengan fitur hands-free yang tersedia di Instagram. Siapkan pose terbaik dan bagikan cerita instagram segera.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button