TeknologiTutorialvideo

Cara Mengatasi Kamera Tidak Ditemukan di Google Meet Terbaru

kamera tidak ditemukan di google meet

Untuk melakukan pemanggilan dengan jarak jauh dan bisa bertatap muka, selain menggunakan WhatsApp juga bisa melalui Google Meet. Pada sebagian orang biasanya akan mengalami kendala kamera tidak ditemukan. Cara mengatasi kamera tidak ditemukan di Google Meet ini pun cukup gampang.

Penyebab dari kendala yang satu ini cukup beragam, sehingga untuk mengatasi kendala tersebut juga tersedia sejumlah cara. Setiap pengguna tentu tinggal menyesuaikan dengan penyebab dari kendala yang dihadapi tersebut. Adapun solusinya antara lain:

1. Periksa Izin Google Meet Terhadap Akses Kamera

Aplikasi Google Meet ini biasanya telah menjadi aplikasi bawaan yang secara langsung terinstal pada ponsel baru. Hanya saja, jika aplikasi ini belum terinstal, bisa dilakukan penginstalan secara mudah melalui Play Store.

Semua pengguna ponsel pintar ini tentu mengetahui bahwa saat mengunduh aplikasi baru diperlukan sejumlah izin penggunaan aplikasi lainnya. Seperti halnya aplikasi Google Meet ini yang memerlukan izin akses untuk kamera, galeri, kontak, dsb.

Ketika tidak diberikan izin akses ke kamera, tentu saat menggunakan Google Meet ini kamera tidak akan ditemukan. Pastikan sebelum mengakses meet, izin akses terhadap kamera ini telah diberikan.

2. Cek Ketersediaan Memori Internal

Cara mengatasi kamera tidak ditemukan di Google Meet ini bisa dengan melakukan pengecekan terhadap ketersediaan memori internal. Secara tidak langsung, sisa dari memori internal ini juga cukup berpengaruh terhadap akses kamera pada Google Meet ini.

Ketika ketersediaan memori internal terbatas dan harus menggunakan Google Meet dengan menu open camera maka sebaiknya hapus terlebih dahulu sebagian file kurang penting. Hal ini bisa membuat ketersediaan memori internal jadi bertambah daripada sebelumnya.

3. Lakukan Pembaharuan Aplikasi Google Meet

Setiap aplikasi ini pasti akan dilakukan pembaharuan secara berkala oleh para pendirinya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan nilai kepuasan yang tinggi dari pelanggannya. Tak heran jika setiap aplikasi akan selalu berusaha memberikan kualitas terbaik setiap pembaruan aplikasinya.

Penyebab dari kamera tidak ditemukan di Google Meet ini bisa terjadi karena aplikasi Google Meet itu sendiri yang belum dilakukan pembaharuan. Saat aplikasi belum diperbarui tentu akan membuat sebagian menunya jadi terhambat atau terkendala untuk digunakan.

Untuk mengetahui ketersediaan pembaruan dari aplikasi ini bisa langsung melakukan pengecekan pada aplikasi Play Store. Cari aplikasi Google Meet pada Play Store dan jika terdapat tulisan Update, maka aplikasi tersebut butuh pembaharuan lagi.

4. Pastikan Koneksi Internet

Saat menggunakan Google Meet dengan melakukan pengaksesan kamera atau open camera ini, pastikan untuk koneksi internet berjalan dengan lancar. Kelancaran dari koneksi internet ini sangat berpengaruh terhadap kualitas kamera atau video pengguna saat melakukan Meet ini.

Jika menggunakan layanan data internet, pastikan untuk mengecek sisa kuota internet sebelum mengakses kamera. Karena saat sisa kuota internet dibawah 100 mb, akan sangat sulit mengakses kamera. Hal ini dikarenakan untuk mengakses kamera saat Meet diperlukan kuota yang besar.

5. Restart Perangkat

Jika semua cara di atas telah dilakukan dan permasalahan ini belum dapat diatasi, cobalah untuk melakukan restart pada perangkat yang digunakan tersebut. Bisa saja perangkat yang digunakan sedang mengalami kendala internal akibat terlalu lama dipakai dan mesin yang panas.

Ketika perangkat sudah dilakukan restart, cobalah kembali untuk menggunakan kamera saat Meet ini. Jika kamera dapat diakses kembali, maka cara tersebut berhasil dilakukan.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi kamera tidak ditemukan di Google Meet yang gampang untuk diikuti. Apabila semua cara di atas masih belum bisa, cobalah untuk melakukan penginstalan ulang terhadap aplikasi Google Meet ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button