Inilah Standar Ukuran Header Google Formulir yang Tepat!

Google formulir merupakan layanan dari google yang digunakan untuk mengisi quiz, survey, dan layanan kepuasan. Tampilan pada google form terkesan monoton karena tidak dilengkapi gambar, untuk menambahkan gambar pada google form harus mengetahui ukuran header google formulir terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar gambar yang akan ditambahkan ke dalam google formulir tidak terpotong atau kebesaran ketika dipasang. Menambahkan gambar ke header google formulir adalah untuk mengidentifikasi organisasi atau pemilik google formulir.

Ukuran Header Google Formulir

Google form sebenarnya tidak menetapkan ukuran minimum atau maksimum untuk header. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan gambar yang bagus dan tidak pecah, sesuaikan ukuran header google formulir dengan ukuran standar.

Selain itu, ukuran file juga harus disesuaikan, tidak berformat besar atau berformat kecil. Karena hal ini dapat memperlambat kecepatan loading google forms terlepas dari server google yang sudah besar. Namun, tidak ada salahnya mengoptimalkan dan meminimalkannya. 

Ukuran standar gambar header google form yang disarankan adalah header yang memiliki ukuran panjang 1600 x dengan lebar 400 piksel atau memiliki panjang 42,3 x dengan lebar 10,58 cm, dengan perbandingan rasio aspek 4:1. Serta menggunakan format file jenis JPG, JPEG, atau PNG.

Selain ukuran standar header, terdapat pula ukuran alternatif untuk header yaitu 1600 x 400 piksel, 1024 x 256 pixel, 800 x 200 piksel, 640 x 160 piksel, dan 320×80 piksel. Ada hal yang perlu diperhatikan bahwa semakin kecil ukurannya, maka kualitas gambar semakin menurun. 

Cara Membuat Header Google Form Melalui Google Slide

Banyak aplikasi edit yang menawarkan berbagai fitur terbaiknya untuk mengedit header google formulir. Namun, google slide dianggap lebih mudah terkhusus bagi pemula daripada aplikasi lainnya. Ikuti tutorial di bawah ini untuk membuat header google form.

  • Langkah pertama, buka Google Drive baik melalui aplikasi maupun website. 

  • Kemudian tekan Baru atau ikon +.

  • Selanjutnya, tekan tombol Google Slide. Tekan pada pilihan presentasi kosong atau blank untuk gambar header.

  • Masukkan ukuran gambar header sesuai dengan keinginan atau sesuaikan dengan ukuran standar header google form di atas.

  • Edit gambar sesuai kebutuhan pengguna. 

  • Apabila selesai mengedit, klik File untuk mengekspor gambar. 

  • Unduh gambar dalam format JPEG atau PNG. Jika menginginkan gambar berkualitas tinggi, disarankan untuk memilih format PNG.

Cara Memasang Header Google Form

Sebenarnya google form memiliki beberapa gambar yang sudah disediakan untuk header. Namun, pengguna juga dapat mengganti gambar tersebut dengan desain sendiri agar tidak sama dengan institusi lain. Berikut adalah langkah memasang header pada google form:

  • Pertama, siapkan gambar header yang akan dipasang, disarankan memakai ukuran standar google form.

  • Buka google form yang ingin dipasang header.

  • Setelah itu pilih Set Theme atau dari Icon Theme

  • Instal Header google form.

  • Pada menu Theme, pilih dan tekan ikon Choose Image. Pilih gambar yang akan dijadikan header google form. 

  • Pada tab Unggah, tekan ikon Telusuri, lalu temukan gambar yang ingin dijadikan header google form, atau seret dan lepas gambar ke dalam header pilihan. 

  • Upload header google form, kemudian tunggu beberapa saat hingga proses upload gambar selesai.

  • Terakhir, tekan tombol Done. Selesai, gambar sudah terpasang sebagai header google form. 

Itulah standar ukuran header google formulir yang tepat dan penjelasan lengkap mengenai header google form. Header google form akan menyesuaikan dengan layar perangkat yang digunakan untuk membukanya. Meskipun membuka google form di ponsel, header akan tetap ditampilkan dengan ukuran yang sama.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.