TikTok

Kenapa TikTok Lemot? Inilah Faktor Penyebabnya

kenapa tiktok lemot

Menghabiskan waktu sambil membuka aplikasi TikTok pastinya hal yang sudah biasa pada zaman sekarang ini. Ketika sedang membuka TikTok, tidak jarang aplikasi tersebut tiba-tiba lemot. Banyak orang yang akan menanyakan Kenapa TikTok lemot, apa penyebabnya.

Sebenarnya ada beberapa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Kemungkinan besar, orang-orang yang mengalami TikTok yang menjadi lemot karena hal yang sama. Berikut beberapa faktor penyebab TikTok lemot:

1. Memori Handphone yang Penuh

Penuhnya memori di dalam handphone sering tidak disadari oleh banyak orang. Padahal memori yang penuh merupakan hal yang sangat penting karena bisa merusak handphone apabila terlalu penuh.

Memori yang penuh biasanya terjadi karena banyak aplikasi dalam handphone. Foto dan video juga dapat mempengaruhi memori tersebut.

Apabila memori RAM yang penuh, hal tersebut juga dapat mempengaruhi kondisi kinerja handphone. Jadi yang perlu diperhatikan tidak hanya memori penyimpanan file tetapi juga memori RAM.

2. Handphone yang Tidak Mendukung

Spesifikasi handphone untuk menggunakan TikTok harus benar-benar diperhatikan juga. Hal ini karena TikTok merupakan sebuah aplikasi yang membutuhkan tingkat pemrosesan grafis yang tinggi, sehingga menjadikannya cukup berat untuk dijalankan.

Jika memiliki handphone model lama, maka perhatikan spesifikasinya untuk memastikan kemampuan dari handphone tersebut. Apabila spesifikasinya rendah maka sebaiknya tidak menggunakan aplikasi TikTok atau mengganti perangkat yang dimiliki.

2. Internet yang Lambat

Salah satu faktor ” Kenapa Tiktok lemot ? ” yang perlu diperhatikan tentunya adalah internet. TikTok yang merupakan aplikasi online ini pasti membutuhkan koneksi yang stabil agar dapat menggunakanya dengan nyaman.

Koneksi yang lancar ini dapat membuat video yang diputar menjadi lancar. Apabila video tiba-tiba menjadi diam atau lemot, bisa jadi internet menjadi salah satu faktor penyebabnya.

3. TikTok yang Belum Diperbarui

Untuk memperbaiki bug yang terdapat dalam aplikasi TikTok, pastinya aplikasi ini sering dilakukan pembaharuan agar bug yang ada sebelumnya menjadi hilang.

Tidak hanya untuk menghilangkan bug yang ada, aplikasi yang diperbarui dilakukan untuk menambah fitur yang sebelumnya belum ada.

Maka dari itu, aplikasi yang sudah diperbarui biasanya lebih baik dari sebelumnya.

Memperbarui aplikasi TikTok ini menjadi hal yang sangat krusial untuk diperhatikan apabila Tiktok yang digunakan menjadi lemot. Karena bisa saja ketika sudah diperbarui TikTok menjadi lebih baik performanya.

4. Membuka Berbagai Aplikasi secara Simultan

Seringkali, masalah ini terjadi pada individu yang sering melakukan multitasking dengan membuka banyak aplikasi tanpa menutupnya. 

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kelebihan penggunaan memori dan mengakibatkan penurunan kinerja ponsel. 

Akibatnya, ketika membuka aplikasi TikTok akan menjadi lebih lambat daripada biasanya karena sumber daya yang terbagi antara aplikasi-aplikasi lain yang masih berjalan di latar belakang.

5. TikTok Menghadapi Masalah Kelebihan Beban pada Servernya (Server TikTok Melebihi Kapasitas)

Terkadang, TikTok bisa menjadi lemot karena terjadi overload pada servernya. Ketika terlalu banyak pengguna yang menggunakan TikTok secara bersamaan.

Hal ini membuat beban pada server TikTok menjadi sangat berat, dan dapat mempengaruhi kinerja aplikasi yang menjadi lebih lambat dari biasanya.

Untuk mengatasi hal ini tidak dapat langsung dilakukan oleh pengguna Tiktok. Penanganan dan investigasi terhadap masalah pada server TikTok sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak TikTok sendiri.

Demikian adalah beberapa faktor yang menyebabkan Kenapa Tiktok lemot. Ada beberapa faktor yang dapat diatasi oleh pengguna TikTok, tetapi ada juga faktor yang hanya dapat diselesaikan oleh pihak TikTok sendiri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button