Tutorial

6 Cara Setting Router Lewat Hp Android Pada Merk Tp-Link

Seseorang yang menggunakan layanan WIFI di rumahnya tentunya menggunakan router. Oleh karena itu,pengetahuan tentang cara setting router lewat hp perlu diketahui pemilik rumah. Tujuannya agar dapat setting sendiri ketika ada kendala.

Fungsi dari router adalah sebagai alat penyatu beberapa jaringan yang berasal dari beberapa perangkat yang berbeda. Dampaknya adalah dapat membuat sinyal WIFI menjadi kuat.

Melihat pentingnya router, sebagai pengguna layanan WIFI harus dapat mengatasi ketika ada kendala pada router miliknya. Sehingga tidak perlu menunggu kedatangan teknisi untuk mengatasi masalah router. Jaringan WIFI juga akan tetap lancar.

1. Menyiapkan HP dan Router

Tata cara setting router lewat hp yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan untuk proses setting router. Tujuannya adalah agar alat yg digunakan sudah termasuk alat yang kompatibel.

Sehingga proses loading system dapat berjalan cepat, dan lancar. Adapun alat-alat tersebut sebagai berikut:

  • Router TP Link yang dipakai sudah menggunakan firmware terbaru.
  • HP android yang dipakai memiliki spesifikasi minimal android 4.0 keatas.

2. Download dan Install Aplikasi TP Link Tether

Buka google playstore, dan lakukan proses download dengan gratis serta install aplikasi TP Link Tether. Dimana, aplikasi ini resmi untuk digunakan untuk melakukan proses setting router.

3. HP Android Dihubungkan dengan Router TP-Link

Setelah aplikasi berhasil diinstal pada Hp Android, maka sekarang lakukan proses koneksi antara HP Android dengan router. Adapun caranya adalah dengan mencari secara otomatis jaringan WIFI pada router di HP.

Ketika sinyal WIFI tidak dapat dideteksi oleh HP android, maka matikan sebentar sekitar lima belas menit HP dan router tersebut. Kemudian, nyalakan dan koneksikan kembali.

4. Aplikasi TP-Link Tether di HP Dibuka

Ketika jaringan WIFI router telah berhasil dikoneksikan dengan HP android, maka proses selanjutnya adalah masuk ke dalam aplikasi TP Link tether. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi TP Link tether dibuka
  • Cari menu yang bertuliskan local devices, dan klik menu tersebut.
  • Buat sebuah kata sandi baru yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Dimana, kata sandi ini akan digunakan setiap kali melakukan proses setting router.

5. Membuat Pengaturan Awal Router

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses untuk membuat pengaturan pada router. Tujuannya adalah untuk memilih jenis koneksi yang akan dipakai. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Menu yang bertuliskan quick setup dibuka.
  • Lakukan proses mengubah pengaturan dengan mengganti nama jaringan di bagian network name. Kemudian, ganti juga password tersebut.
  • Tunggu prosesnya hingga nama jaringan WIFI berubah sesuai dengan data nama yang telah diketik.
  • Ketik tulisan next, dan harap menunggu hingga proses aplikasi loading berjalan selesai dilakukan.
  • Ketika proses aplikasi loading selesai, pada layar HP akan muncul semua data informasi terkait router, dan silakan klik kolom yang bertuliskan save.
  • Proses konfigurasi pun akan berjalan. Tunggu hingga berjalan dengan sempurna.
  • Klik tulisan finish yang muncul pada gambar berupa tanda centang besar.
  • Proses Pun selesai.

Hasil dari pengaturan jaringan router tersebut akan membuat nama jaringannya muncul pada daftar perangkat yang terkoneksi secara langsung pada WIFI.

6. Membuat Pengaturan Tambahan Pada Router

Pengaturan awal yang dilakukan akan dapat melihat daftar perangkat yang terhubung ke router. Selain itu, pada aplikasi router juga dapat dilakukan beberapa pengaturan yang lain. Diantaranya adalah:

  • Proses pemblokiran untuk semua perangkat yang tak dikenal.
  • Nama serta jenis perangkat router dapat diubah sesuai dengan keinginan.
  • Akses internet pada anak dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Demikianlah informasi mengenai 6 tata cara setting router lewat Hp android pada merk Tp Link dengan mudah untuk dilakukan. Cukup dengan mengikuti setiap langkahnya, maka proses setting router akan dengan lancar dilakukan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button