Teknologi

Cara Memotong Audio Rekaman di iPhone dengan Mudah

Cara memotong audio rekaman biasanya menggunakan berbagai aplikasi yang harus diunduh terlebih dahulu. Memotong audio rekaman yang salah mungkin terdengar sulit, apalagi dengan keadaan mengeditnya dengan smartphone.

Akan tetapi dengan aplikasi bawaan iPhone berupa memo suara, dapat dengan mudah memotong  serta menghapus rekaman suara yang salah. Bagi yang belum tahu caranya, jangan khawatir tentang hal tersebut. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Memo Suara

Memo suara merupakan aplikasi bawaan yang sudah disediakan oleh Apple di setiap produknya, baik iPhone, iMac, dan iWatch. Dengan memo suara, dapat merekam suara dimanapun baik online maupun offline dengan mudah.

Aplikasi ini sangat membantu bagi yang malas untuk menuliskan sesuatu, seperti notulen rapat, ide-ide kreatif, dan lainnya. Dalam merekam suara tentu saja tidak akan selalu benar, terkadang ada “typo” yang dilakukan tanpa sadar.

Dengan demikian diharuskan untuk memotong bagian suara yang salah dan tidak penting. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur yang sudah ada dalam memo suara, baik memotong atau membuang suara yang salah.

Cara memotong audio rekaman di iPhone menggunakan aplikasi memo suara sangatlah mudah. Langkah pertama, buka aplikasi memo suara dan klik audio yang ingin dipotong. Kedua, klik ikon bulat bagian kanan atas, lalu pilih edit recording.

Langkah terakhir untuk penyelesaian, klik ikon kanan atas untuk memotong dan menghapus audio yang diinginkan, dan selesai. Dengan begitu audio yang tadinya terlalu panjang, atau ada bagian yang salah, kini sudah diperbaiki.

Dengan Menggunakan aplikasi memo suara, pekerjaan memotong atau menghapus audio akan lebih cepat dan praktis. Akan tetapi aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur keren yang  ada dalam aplikasi unduhan lainnya.

2. Menggunakan Aplikasi Garage Band

Memotong audio rekaman juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi garage band. Aplikasi ini sering kali digunakan untuk mengedit karya musik oleh para produser musik.

Editor audio yang satu ini sangat berbeda dengan aplikasi yang lainnya. Garage band dapat membantu mempelajari dasar-dasar beberapa alat musik tanpa harus membeli alat musik yang sebenarnya.

Cara memotong audio rekaman dengan aplikasi garage band, pertama buka aplikasi garage band. Kemudian pilih trek audio yang ingin dipotong dengan mengklik judul. Pilih daerah audio yang ingin dipotong, ini akan berubah menjadi “cutting pointer.”

Tahap terakhir untuk menyelesaikannya dengan mengklik tahan dan seret ke kanan atau ke kiri untuk mempersingkat wilayah audio. Dengan demikian audio rekaman akan menjadi sempurna.

Garage band merupakan aplikasi yang cukup mengagumkan, dengan satu aplikasi saja dapat melakukan berbagai hal. Membuat RnB, Hip-Hop, atau yang lainnya. Dengan garage band, dapat menambahkan berbagai efek suara serta mengedit audio menjadi luar biasa.

3. Menggunakan Aplikasi Hokusai Audio Editor

Memotong audio rekaman dapat dilakukan juga dengan aplikasi yang lain, seperti Hokusai Audio Editor yang tersedia di iOS. Setiap aplikasi memiliki beberapa fitur yang menjadi ciri khas tersendiri, baik gratis maupun berbayar.

Cara memotong audio rekaman menggunakan aplikasi hokusai audio editor hampir sama dengan aplikasi lainnya. Pertama buka aplikasi hokusai audio editor. Selanjutnya pilih trek audio yang ingin dipotong. Setelah memilih wilayah trek audio yang ingin dipotong.

Langkah terakhir bisa dengan mengklik trim untuk memangkas, dan delete jika ingin menghapus bagian tersebut. Aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur gratis, akan tetapi fitur yang ditawarkan tidak sama dengan fitur berbayar.

Dengan beberapa penjelasan diatas, tentu sudah tidak menjadi persoalan tentang bagaimana cara memotong audio rekaman. Banyak aplikasi lainnya yang menawarkan berbagai fitur menarik, yang bisa dicoba. Unduh aplikasinya sekarang, dan hasilkan karya yang luar biasa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button