LaptopWindows

Cara Mengaktifkan Kamera di Laptop Windows 7 yang Mudah dan Cepat

Walaupun sekarang ini sudah banyak yang menggunakan windows 10 ke atas, namun masih ada yang penasaran bagaimana cara mengaktifkan kamera di laptop windows 7. Terkadang ada yang belum mengetahui ternyata di windows 7 juga mendukung fitur kamera.

Sekarang ini fitur kamera harus ada di setiap laptop karena memang sewaktu waktu bisa dibutuhkan. Karena untuk sebagian pelajar dan pekerja mungkin akan sering menggunakan kamera ini untuk melakukan video meeting secara online.

Walaupun kebanyakan laptop mungkin tidak memberikan kualitas sebaik smartphone untuk kamera yang disediakan. Namun, kamera laptop ini lebih sering diperlukan karena memberikan layar yang lebih besar dan nyaman.

Kamera pada laptop merupakan fitur yang sering dibutuhkan meskipun kualitasnya tidak sebanding dengan kamera pada smartphone. Namun, ternyata masih banyak juga pengguna yang belum mengetahui langkah-langkah untuk mengaktifkan kamera di laptop yang menggunakan OS Windows 7.

Walaupun, versi windows yang terbaru sudah sampai windows 11, namun masih banyak juga yang menggunakan OS versi windows 7 ini. Untuk mengetahui cara mengaktifkan kamera di laptop windows 7 ini, simak langkahnya pada penjelasan berikut.

1. Install Driver Kamera

Pada umumnya untuk mengoperasikan hardware di laptop memang perlu untuk menginstal driver yang dibutuhkan, seperti kamera, printer, scanner dan lainnya. Nah, berikut ini cara untuk menginstal driver kamera di laptop.

  • Unduh driver kamera yang sesuai dengan merk dan tipe laptop yang dioperasikan, disarankan untuk mengunduh driver di situs resminya.
  • Jika proses pengunduhan sudah selesai, buka driver yang sudah selesai diunduh tadi.
  • Setelah file yang sudah diunduh tadi dibuka, maka akan dilanjutkan proses penginstalan driver camera.
  • Ikuti arahan saat menginstal driver tersebut sampai selesai, tinggal mengikuti arahan saja.
  • Setelah driver kamera terinstal, coba aktifkan kamera dengan masuk ke pengaturan lalu pilih opsi kamera.
  • Pastikan untuk mengaktifkan “allow apps to access your camera.
  • Selesai. Coba buka kamera yang sudah bisa dioperasikan.

2. Gunakan Kamera Eksternal

Kamera eksternal ini biasa digunakan untuk laptop atau komputer yang tidak memiliki fitur kamera. Maka dari itu kamera eksternal ini dibutuhkan untuk beberapa pengguna laptop tanpa kamera tersebut. Nah, kamera eksternal ini bisa dimanfaatkan juga untuk laptop atau komputer yang memang fitur kameranya tidak bisa diaktifkan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Hidupkan laptop dengan OS windows 7 yang akan digunakan untuk mengaktifkan kamera.
  • Hubungkan kamera eksternal yang sudah disiapkan. Pastikan laptop memiliki port yang sesuai dengan kamera eksternal. Ikuti petunjuk penggunaan yang diberikan sepaket dengan kamera eksternal.
  • Biasanya saat ada hardware eksternal yang dihubungkan dengan laptop, maka akan ada proses penginstalan. Ikuti proses penginstalan tersebut.
  • Setelah kamera sudah terinstal dan terhubung ke laptop, buka aplikasi video meeting yang bisa digunakan dan kamera eksternal akan aktif secara otomatis dan bisa digunakan.

3. Lakukan Install Ulang pada Laptop

Jika kamera tetap tidak aktif karena masalah pada sistem Windows 7, maka laptop tersebut perlu untuk diinstal ulang. Sebelum melakukan instal ulang, pastikan untuk melakukan backup data sebelum melanjutkan, karena ada kemungkinan data akan hilang setelah instal ulang. Berikut langkah-langkah untuk menginstal ulang.

  • Klik menu Start yang ber ikon windows, lalu pilih Setting.
  • Pilih menu Update dan Security dan cari dan klik menu Recovery. Selanjutnya klik Reset and advance dan klik reset.
  • Akan muncul beberapa opsi untuk reset. Pilih opsi yang diperlukan untuk memulai proses instal ulang.
  • Ikuti langkah-langkah instal ulang sesuai dengan keperluan dan tunggu sampai proses selesai.
  • Setelah proses instal ulang selesai, coba aktifkan kamera.

Sekarang sudah paham kan bagaimana cara mengaktifkan kamera di laptop windows 7. Jika dipahami dengan benar, ternyata mudah untuk dipraktekkan dan semoga kamera sudah bisa berjalan dengan baik di laptop masing-masing.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button