Teknologi

5 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah yang Wajib Dicoba

Banyak orang kini beralih menggunakan headset bluetooth karena penggunaannya yang praktis. Membuat bahasan tentang cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah pun menjadi ramai sekali diperbincangkan khususnya oleh pengguna yang baru pertama kali mengalami kendala tersebut.

Headset mati sebelah sendiri merupakan salah satu kendala yang cukup sering muncul pada headset bluetooth yang penyebabnya karena beberapa faktor berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari simak langsung cara untuk mengatasi headset mati sebelah berikut ini:

1. Isi Ulang Baterai

Headset bluetooth adalah perangkat tanpa kabel (wireless device) yang membutuhkan baterai untuk bisa bekerja. Apabila baterainya dalam kondisi lemah atau habis, maka hal tersebut akan menyebabkan daya kerja headset bluetooth menjadi turun atau tidak berfungsi.

Untuk mengatasinya maka lakukan isi ulang baterai (charging) pada headset bluetooth sampai penuh. Usahakan untuk selalu menggunakan headset hanya ketika baterainya sudah terisi penuh, lalu gunakan headset sampai baterai lemah untuk di-charge kembali hingga penuh.

2. Bersihkan Headset

Kendala headset bluetooth mati sebelah dapat juga terjadi karena adanya kotoran di lubang-lubang headset. Kotoran seperti debu dan pasir-pasir kecil yang menumpuk di permukaan lubang tersebut bisa membuat headset menjadi mati sebelah atau mati dua-duanya.

Cara tepat untuk mengatasinya yakni membersihkan headset bluetooth. Pakailah tisu kering untuk membersihkan debu dan pasir yang ada di lubang-lubang headset. Jika ada kotoran yang lembab menyerupai cairan, pakailah kain microfiber dikombinasikan dengan tisu kering.

3. Sambungkan Ulang Koneksi Bluetooth

Koneksi bluetooth antara headset dengan perangkat yang terhubung dapat terganggu sehingga menyebabkan headset bluetooth jadi mati sebelah. Maka, langkah awal yang patut untuk dicoba adalah menghubungkan ulang koneksi bluetooth antara kedua perangkat.

Pertama-tama, matikan headset bluetooth lalu matikan fitur bluetooth pada perangkat yang dihubungkan. Biarkan kedua perangkah dalam keadaan mati selama 15 – 30 detik, kemudian coba nyalakan kembali dan sambungkan koneksi bluetooth antara headset dan perangkat.

4. Atur Keseimbangan Audio

Cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah berikutnya yaitu dengan mengatur keseimbangan audio. Untuk perangkat HP, keimbangan audio dapat diatur melalui menu equalizer pada setelan aplikasi musiknya. Jika tidak ada setelan equalizer maka gunakanlah aplikasi tambahan.

Untuk perangkat PC atau laptop, pengguna tidak akan memerlukan aplikasi tambahan apapun karena kedua perangkat tersebut pasti memiliki setelan untuk menyeimbangkan audio. Adapun langkah-langkah mengatur keseimbangan audionya dapat disimak berikut ini:

  • Klik kanan pada ikon “Speaker” di bagian kanan bawah Taskbar.
  • Tekan opsi “Sound”, lalu buka menu “Playback”.
  • Klik opsi “Headset Bluetooth”, kemudian tekan tombol “Properties”.
  • Atur audio headset bagian L (left/kiri) dan R (right/kanan) dengan volume yang sama agar seimbang.

5. Matikan Mode Mono

Terakhir, pengguna bisa mencoba untuk mematikan mode mono sebagai solusi mengatasi headset mati sebelah. Mode mono itu sendiri merupakan pengaturan yang menghubungkan saluran kanan dan kiri pada headset Bluetooth.

Ketika fitur ini mengalami gangguan atau error maka bisa menyebabkan satu sisi headset jadi tidak berfungsi. Untuk itu, mematikan mode mono patut dicoba dengan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu “Pengaturan” perangkat.
  • Pilih menu “Audio” lalu cari fitur Mode Mono.
  • Jika sudah ketemu, tap fitur tersebut dan tekan tombol OFF.
  • Selesai. Koneksikan kembali headset bluetooth dengan perangkat.

Itulah 5 cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah yang patut untuk dicoba. Lakukan intruksi-intruksi di atas agar kendala bisa diatasi dengan maksimal. Apabila headset masih mati maka segera bawa ke tempat servis untuk ditangani ahlinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button