Cara Mengaktifkan Monetisasi Youtube Serta Pengertian dan Syaratnya

cara mengaktifkan monetisasi youtube

Monetisasi YouTube merupakan langkah penting bagi para konten kreator untuk mengoptimalkan pendapatan dari karya mereka. Bagaimana cara dapat mengaktifkan monetisasi di youtube ini? Pertanyaan ini biasanya kerap muncul bagi para pemula. Berikut akan dibahas cara mengaktifkan monetisasi youtube dengan mudah.

Prosesnya sebenarnya cukup sederhana, tetapi memerlukan pemahaman dan langkah-langkah yang khusus. Bagi yang penasaran langsung saja simak cara mengaktifkan monetisasi youtube ini:

Pengertian Monetisasi youtube

Monetisasi youtube merupakan sebuah proses yang melibatkan transformasi kinerja video menjadi sumber penghasilan bagi para pembuat konten. Untuk dapat mengaktifkannya, seorang kreator harus memenuhi sejumlah persyaratan minimum yang telah ditetapkan, termasuk memiliki setidaknya 1.000 pelanggan dan telah mencapai total 4.000 jam waktu tayang dalam jangka waktu 12 bulan terakhir.

Selain itu, kreator juga diharuskan mematuhi secara seksama kebijakan monetisasi yang telah ditetapkan oleh YouTube. Setelah berhasil memenuhi semua persyaratan yang ditentukan, kreator dapat mengaktifkan monetisasi pada tingkat channel melalui fitur yang disediakan oleh YouTube Studio.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua video dapat secara otomatis dimonetisasi; hanya video-video tertentu yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Sebagai tambahan, sebuah tahap peninjauan konten juga diperlukan sebelum monetisasi dapat diaktifkan, bertujuan untuk memastikan bahwa konten yang diunggah mematuhi standar dan kebijakan yang berlaku di platform tersebut.

Proses ini memberikan lapisan perlindungan lebih lanjut untuk memastikan bahwa video yang dihasilkan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak melanggar kebijakan moneter yang telah ditetapkan oleh YouTube.

Syarat Monetisasi YouTube

Setelah memahami apa itu monetisasi youtube maka sekarang akan dibahas persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengaktifkan monetisasi youtube ini. Untuk dapat memperoleh pendapatan, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelumnya dalam proses monetisasi YouTube. Syaratnya sebagai berikut:

  • Harus memiliki minimum 1.000 pelanggan atau pengikut.
  • Sudah mencapai 4.000 jam penayangan dalam periode 12 bulan terakhir.
  • Mematuhi berbagai peraturan dan kebijakan terkait fitur monetisasi di YouTube, seperti: Mengikuti panduan komunitas,
  • Menaatinya syarat-syarat layanan, Memahami hak cipta
  • YouTube,Patuh terhadap kebijakan program AdSense,
  • Berdomisili di wilayah mitra YouTube.

Cara Mengaktifkan Monetisasi di YouTube

Setelah persyaratannya sudah terpenuhi, maka dapat dengan mudah untuk mengaktifkan monetisasi di youtube. Tentu terdapat langkah khusus untuk mengaktifkan monetisasi youtube ini. Langkahnya cukup mudah. Berikut langkah demi langkahnya:

  • Dimulai dengan mengklik ikon pribadi di pojok kanan atas layar,
    lalu pilih YouTube Studio dari menu dropdown yang muncul.
  • Setelah masuk ke dalam YouTube Studio, arahkan kursor Anda ke menu Saluran yang terletak di sisi kiri layar. Klik opsi
  • Monetisasi untuk melanjutkan.
  • Di jendela Monetisasi yang muncul, cukup pilih opsi Mulai untuk memulai proses aktivasi.

Setelah langkah-langkah tersebut dijalankan, akan secara otomatis menyetujui persyaratan Program Mitra YouTube. Selanjutnya, hanya perlu mendaftar untuk AdSense atau menghubungkan akun yang sudah ada.

Dengan langkah ini, saluran akan dapat menghasilkan pendapatan. YouTube akan meminta untuk mengatur preferensi monetisasi, tetapi tidak perlu khawatir, dapat dengan mudah mengubahnya nanti sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan untuk memonetisasi hanya video tertentu sesuai keinginan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengaktifkan monetisasi youtube yang mudah untuk dilakukan. Bagi para pemula harus memperhatikan persyaratannya terlebih dahulu supaya youtube bisa di monetisasi. Jika persyaratan sudah terpenuhi maka tinggal menunggu persetujuan dari pihak youtube.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.