4 Wifi yang Cocok Untuk Daerah Terpencil, Solusi Tetap Terhubung Jaringan Internet

wifi yang cocok untuk daerah terpencil

Di pedalaman, di lereng gunung, dan di tempat-tempat yang tidak mudah dijangkau oleh jaringan internet biasa, menemukan solusi wifi yang cocok untuk daerah terpencil adalah kunci. Tantangan semacam ini sering dihadapi oleh banyak individu yang tinggal di daerah terpencil.

Kekurangan akses internet bisa menghambat berbagai aktivitas sehari-hari, mengingat tingginya ketergantungan pada teknologi untuk kebutuhan komunikasi dan informasi. Berbagai faktor dapat menjadi penyebabnya, termasuk posisi geografis yang terpencil dan jauh dari jangkauan infrastruktur jaringan.

Untungnya, sekarang ada beberapa merek wifi yang mampu menangkap sinyal dengan baik di daerah terpencil seperti itu. Berikut beberapa merek wifi yang patut dipertimbangkan sebagai solusi untuk masalah konektivitas di wilayah-wilayah tersebut:

1. First Media

Di lokasi terpencil, First Media bisa jadi opsi yang ideal untuk konektivitas internet. Mereka menawarkan akses cepat dan mudah melalui satelit HTS (High Throughput Satellite) dengan kapasitas hingga 100 GB untuk penggunaan data.

Namun, layanan ini saat ini hanya tersedia untuk keperluan bisnis dan institusi, belum untuk penggunaan individu di rumah. Alasannya adalah karena First Media berfokus pada penyediaan jaringan internet super cepat, yang membuat sebagian pengguna merasa kecewa.

Menghadapi ketidakpuasan ini, First Media sekarang menyediakan layanan khusus yang dapat diakses oleh lembaga di daerah terpencil. Layanan ini dikenal sebagai First Media Business, yang memberikan akses internet di lokasi terpencil, meskipun belum mencakup semua area seperti yang ditawarkan oleh layanan wifi IndiHome.

2. IndiHome

IndiHome menciptakan solusi inovatif dalam menyediakan akses wifi yang cocok untuk daerah terpencil. Dengan layanannya yang inklusif, IndiHome berhasil menjangkau wilayah-wilayah sulit diakses. Telkom, melalui layanan IndiHome, menghadirkan dua produk unggulan di wilayah Kalimantan, yakni DTH dan IndiHome Sky, yang mengusung konsep wifi tanpa kabel serat optik.

DTH (Direct to Home) adalah solusi internet dari IndiHome yang memanfaatkan jaringan satelit dan kabel untuk menyediakan paket layanan triple play, termasuk internet, telepon, dan televisi. Sementara itu, IndiHome Sky menjadi alternatif lain yang mengandalkan jaringan satelit untuk menyediakan layanan TV, internet, dan telepon.

Layanan internet dari IndiHome menjadi opsi menarik bagi penduduk di daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh infrastruktur internet konvensional. Informasi lebih lanjut serta konsultasi mengenai instalasi wifi dapat diperoleh melalui situs resmi IndiHome bagi yang berminat.

3. MIFI

Solusi untuk konektivitas internet di daerah terpencil seperti pedesaan, pegunungan, atau pesisir adalah menggunakan perangkat MIFI. MIFI adalah modem WiFi portabel yang memungkinkan akses internet dengan kecepatan download mencapai 150 mbps.

Perangkat MIFI telah dirancang dengan kemampuan untuk terhubung ke jaringan 3G dan 4G LTE, memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan internet di berbagai lokasi. Dengan demikian, perangkat modem WiFi ini menjadi solusi yang optimal untuk mengakses internet secara cepat di daerah terpencil.

4. NET1

Salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan akses WiFi di daerah terpencil adalah dengan menggunakan layanan jaringan 4G dari Net1. Meskipun seringkali biaya pemasangan WiFi di daerah terpencil dapat menjadi mahal, namun dengan Net1, biaya tersebut relatif terjangkau.

Untuk menginstal WiFi dari Net1, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghubungi Layanan Pelanggan Net1. Mereka akan memberikan informasi terkait biaya dan persyaratan yang dibutuhkan.

Proses instalasi memerlukan biaya sebesar satu juta rupiah serta dokumen-dokumen seperti foto KTP, KK, nomor HP yang aktif, dan foto selfie sambil memegang KTP.

Itulah tadi pilihan wifi yang cocok untuk daerah terpencil. Maka meskipun berlokasi di daerah terpencil, tetap memungkinkan untuk terhubung ke internet melalui jaringan WiFi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.