5 Software Akuntansi Gratis Excel Untuk Pengelolaan Keuangan Bisnis

Software Akuntansi Gratis Excel

Dalam dunia bisnis, tentu akan memerlukan sebuah software yang cocok untuk bisnis tersebut. Software akuntansi gratis excel kini telah tersedia dan tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran dari pemilik bisnis tersebut.

Namun tentu pengguna harus mengetahui apa saja rekomendasi dari software tersebut. Hal ini dikarenakan, setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing masing.

Seperti yang telah diketahui bahwa, software akuntansi merupakan salah satu program ataupun sistem yang telah dirancang untuk dapat memudahkan pengelolaan sistem keuangan dari usaha yang dijalankan. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi dari software akuntansi yang bisa digunakan secara gratis di excel:

1. Wave

Salah satu pilihan teratas untuk perangkat lunak akuntansi gratis adalah Wave Accounting. Wave menawarkan berbagai fitur yang meliputi pengiriman invoice, pencatatan laporan keuangan, dan pembuatan kwitansi secara daring. Keunggulan Wave termasuk kemampuan untuk memindai kwitansi menggunakan aplikasi yang tersedia untuk platform Android dan iOS.

Dengan basis pengguna yang mencapai puluhan hingga ratusan ribu, Wave telah membuktikan kehandalannya dalam memenuhi kebutuhan akuntansi. Selain itu, keunggulan lain dari Wave adalah tersedianya versi gratis yang dapat digunakan oleh siapa pun. Namun, beberapa fitur tambahan seperti layanan penggajian dan pembayaran memerlukan pembayaran tambahan.

2. GnuCash

GnuCash, sebagai platform Software Akuntansi, menonjol dengan antarmuka yang klasik meskipun menyediakan sejumlah fitur gratis yang komprehensif seperti pelacakan arus kas dan pembuatan laporan keuangan. Tersedia untuk diunduh tanpa biaya baik untuk pengguna Windows maupun Apple.

Dengan fokus bertahap pada pengembangan bisnis UMKM, GnuCash memberikan solusi yang sesuai untuk pemilik bisnis yang baru memulai. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web resmi mereka.

3. Paper.id

Salah satu aplikasi akuntansi gratis terbaik adalah Paper.id. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengirimkan invoice. Lebih lanjut, setiap invoice yang dibuat akan secara otomatis tercatat dalam laporan akuntansi dasar.

Fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh Paper.id adalah rekonsiliasi otomatis. Ini memungkinkan semua invoice yang telah dibuat terhubung dengan sistem pembayaran digital, menghilangkan kebutuhan untuk menyediakan berbagai metode pembayaran kepada supplier atau pelanggan.

4. SlickPie

Bagi mereka yang baru memulai usaha tanpa banyak pengalaman dan mencari solusi perangkat lunak akuntansi yang sesuai, SlickPie bisa menjadi opsi yang sangat menarik. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, SlickPie mempermudah pemula untuk memahami konsep akuntansi.

Keunggulan utamanya terletak pada kemudahan penggunaan.  SlickPie tidak menyediakan opsi berbayar karena semua fitur dan layanan yang disediakannya dapat dinikmati secara gratis.

Namun, salah satu tantangan yang dihadapi oleh pengusaha di Indonesia adalah ketersediaan dalam bahasa lokal. Bagi mereka yang mencari solusi perangkat lunak akuntansi gratis berbahasa Indonesia, ada opsi lain yang perlu dipertimbangkan.

5. Bokio

Untuk para pengusaha kecil atau UMKM dengan anggaran terbatas, ada opsi yang bisa dieksplorasi, yaitu menggunakan aplikasi akuntansi gratis dari Swedia, Bokio. Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis dengan beragam fitur yang tersedia di dalamnya.

Bokio menawarkan berbagai fitur lengkap, termasuk laporan keuangan yang komprehensif, pembuatan invoice, dan manajemen pengeluaran. Dengan menggunakan platform ini, diharapkan aktivitas bisnis dapat dilakukan dengan lebih efisien dan terorganisir.

Itulah beberapa rekomendasi dari software akuntansi gratis excel yang bisa digunakan. Tentunya dengan menggunakan salah satu rekomendasi aplikasi tersebut, akan dapat membantu pengelolaan dari sebuah bisnis yang dijalankan tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.