3 Cara Mematikan Data Whatsapp di Hp Samsung Untuk Menjaga Privasi

cara mematikan data whatsapp di hp samsung

Pada masa kini, WhatsApp atau yang sering disingkat sebagai WA telah menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat populer dengan tingkat penggunaan yang meningkat pesat. Terkadang bagi pengguna Samsung ingin mematikan data Whatsapp sementara. Namun bagaimana cara mematikan data whatsapp di Hp Samsung ini?

Dikenal dengan berbagai fitur yang mempermudah interaksi antar pengguna, WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk terhubung secara langsung satu sama lain. Namun, kemudahan ini juga kadang membuat pengguna merasa sulit untuk mempertahankan privasi dan ruang pribadi mereka sendiri.

Oleh karenanya, tak heran jika banyak pengguna samsung yang ingin lebih menjaga privasinya dengan mematikan data whatsapp secara sementara. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Melalui Notifikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mematikan data sementara di whatsapp yakni dengan menggunakan fitur notifikasi. Hal ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa digunakan untuk mematikan data sementara tersebut. Adapun langkah yang harus dilakukan diantaranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Samsung Anda.
  • Tekan tiga titik yang berada di kanan atas layar, kemudian pilih opsi Settings atau Pengaturan.
  • Setelah itu, pilih menu Notifications atau Pemberitahuan.
  • Selanjutnya, matikan opsi Show notifications atau Tampilkan pemberitahuan.

Dengan menonaktifkan notifikasi, Anda tidak akan menerima pemberitahuan tentang pesan baru dari WhatsApp. Meskipun demikian, Anda tetap dapat membuka aplikasi dan melakukan pengiriman atau penerimaan pesan seperti biasanya.

2. Menggunakan Opsi Force Stop

Cara cara mematikan data whatsapp di hp samsung selanjutnya  yang bisa dilakukan oleh pengguna Hp samsung yakni dengan menggunakan sebuah opsi force stop. Sehingga bagi pengguna Samsung tak perlu bingung lagi jika ingin mematikan data secara sementara di aplikasi tersebut.

Langkah yang harus dilakukan ini sebenarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut ini:

  • Buka pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Buka Kelola Aplikasi.
  • Cari WhatsApp dalam daftar aplikasi yang terpasang.
  • Ketuk opsi Force Stop di bagian bawah layar.
  • Konfirmasikan dengan klik tombol OK.

Setelah prosedur ini diselesaikan, WhatsApp akan menonaktifkan fungsinya di perangkat pengguna, sehingga tidak akan ada notifikasi, panggilan, atau panggilan video yang diterima tanpa harus menghapus aplikasi tersebut dari ponsel pengguna.

3.Melalui Pengaturan Data Smartphone

Cara paling sering dilakukan untuk mematikan data whatsapp secara sementara yakni dengan menggunakan menu pengaturan data smartphone yang digunakan tersebut. Hal ini tentu bisa dilakukan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk melakukannya.

Penasaran bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mengatur data whatsapp tersebut? Untuk itu, simak beberapa uraian langkah yang harus dilakukan berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan pada ponsel pintar Samsung Anda.
  • Pilih opsi Apps atau Aplikasi dari menu tersebut.
  • Cari dan buka aplikasi WhatsApp dari daftar yang tersedia.
  • Pilih opsi Penggunaan data atau Data usage di dalam menu aplikasi.
  • Matikan opsi Mobile data atau Data seluler untuk WhatsApp.

Setelah menonaktifkan penggunaan data seluler untuk WhatsApp, aplikasi tersebut kehilangan akses internet. Penting diingat bahwa untuk menggunakan WhatsApp lagi, pengguna harus mengaktifkan koneksi data seluler.

Itulah uraian terkait dengan cara mematikan data whatsapp di hp Samsung yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga praktis. Tentunya dengan cara tersebut, pengguna bisa mematikan penggunaan data whatsapp sementara terutama pengguna Samsung.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.