5 Cara Menambah Memori Hp, Bisa Dilakukan dengan Hp itu Sendiri

cara menambah memori hp

Walaupun memori HP telah mencapai ukuran yang cukup besar, kadangkala pengguna membutuhkan ruang yang lebih luas. Untuk meningkatkan kapasitas ini, pengguna dapat menerapkan cara menambah memori hp tanpa harus melakukan pembelian perangkat baru.

Artikel ini akan menjelaskan setidaknya lima cara yang berbeda. Setiap metode akan diuraikan secara menyeluruh untuk memudahkan pemahaman pembaca. Berikut adalah penjelasan rinci untuk setiap metode tersebut.

1. Hapus Cache

Cara pertama yang disarankan adalah membersihkan opsi file cache yang terdapat dalam perangkat. File cache ini sebenarnya berfungsi sebagai catatan sejarah penggunaan yang selalu tersimpan dalam perangkat.

Dengan adanya cache, pengguna dapat mengakses situs tujuan tanpa harus menunggu waktu yang lama. Namun, jika cache tersebut terus bertambah, dapat menyebabkan kinerja perangkat menjadi lambat dan memori HP menjadi penuh tanpa kendali.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat membuka menu “Pengaturan” dan memilih “Kelola Aplikasi”. Selanjutnya, pilih aplikasi yang diinginkan dan tekan tombol “Hapus Cache”. Dengan demikian, proses penghapusan cache dapat diselesaikan.

2. Pindah Aplikasi ke SD Card

Cara menambah memori hp bisa dilakukan dengan cara memindahkan aplikasi ke SD Card. Nantinya ketika menginstal aplikasi, secara otomatis penyimpanannya akan dialihkan ke memori internal tanpa alternatif lain. Cara ini dapat mengecilkan ruang memori seiring berjalannya waktu, terutama jika pengguna sering mengunduh banyak aplikasi.

Untuk memindahkan aplikasi, langkahnya cukup mudah. Pengguna cukup masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih Kelola Aplikasi. Setelah muncul daftar aplikasi, cukup tahan aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu pilih opsi Pindahkan ke SD Card. Dengan begitu, proses pemindahan akan selesai.

3. Menggunakan Fitur Adoptable Storage

Pengguna Android Marshmallow dapat mengoptimalkan kapasitas penyimpanan perangkat mereka dengan mengaktifkan fitur Adoptable Storage. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah kartu memori eksternal menjadi bagian dari memori internal perangkat mereka. Sebagai hasilnya, ruang penyimpanan internal dapat diperluas tanpa batasan yang signifikan.

Proses penggunaan fitur ini tidak memerlukan proses rooting yang rumit. Pengguna dapat dengan mudah dan cepat mengaktifkan dan mengatur fitur ini tanpa perlu melakukan langkah-langkah tambahan yang memakan waktu.

Dengan fitur Adoptable Storage, pengguna dapat meningkatkan keamanan data dan perangkat mereka secara keseluruhan, memungkinkan pengalaman pengguna yang lebih aman dan nyaman.

4. Menggunakan Google Photos untuk Menyimpan Foto

Dapat dimanfaatkan juga Google Photos untuk pengguna dalam menyimpan koleksi foto mereka. Aplikasi tersebut difokuskan pada pengarsipan berkas gambar dari perangkat. Maka, dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah memindahkan foto-fotonya ke dalamnya.

Jika semua foto tersimpan di Google Photos, kapasitas penyimpanan di memori perangkat tidak akan terisi dengan cepat. Dengan begitu, tersedia ruang yang cukup di memori HP untuk menyimpan data lain yang memang dibutuhkan secara langsung.

5. Menggunakan Google Drive untuk Menyimpan File-file

Ada pilihan lain bagi pengguna untuk menambahkan ruang penyimpanan dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu Google Drive. Google Drive adalah salah satu alternatif yang direkomendasikan. Aplikasi ini seringkali sudah tersedia secara otomatis di perangkat.

Lakukan penyimpanan file secara teratur ke dalam Google Drive. Fleksibilitas tambahan juga dapat diperoleh dengan menambah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kapasitas memori perangkat akan tetap optimal dan tidak akan terlalu terbatas.

Sekian penjelasan tentang cara menambah memori hp. Jadi ketika memori hp hampir penuh sebenarnya masih dapat diatasi dengan cara memaksimalkan cara-cara diatas.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.