2 Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar dengan dan Tanpa Aplikasi

cara mengatasi imei tidak terdaftar

Seringkali, pengguna ponsel, terutama pengguna iPhone, menghadapi kendala umum berupa IMEI yang tidak terdaftar. Oleh karena itu cara mengatasi IMEI tidak terdaftar perlu diketahui.

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang merupakan nomor unik untuk mengidentifikasi setiap perangkat seluler. Banyak orang mencari solusi untuk mengatasi masalah IMEI yang tidak terdaftar, dan artikel ini akan membahasnya.

Penting untuk dicatat bahwa ketika perangkat menghadapi masalah ketidak-terdaftaran IMEI, ini dapat menimbulkan sejumlah kendala, termasuk kesulitan dalam mengakses jaringan seluler.

Cara Mengatasi Imei Tidak Terdaftar

Ada dua cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan IMEI yang tidak terdaftar di Kemenperin. Untuk yang ingin mengetahuinya, silakan perhatikan uraian berikut yang menyajikan cara-caranya.

1. Memanfaatkan Situs Web Bea Cukai

Bea Cukai telah mengembangkan sistem pendaftaran IMEI yang memudahkan pengguna untuk mendaftarkan IMEI secara online. Rincian langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Buka Situs Web Bea Cukai: Mulailah dengan membuka browser web dan mengakses situs web resmi Bea Cukai Indonesia.

  • Lakukan Login atau Registrasi. Jika belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu. Namun, jika sudah memiliki akun, langsung saja login ke dalamnya.
  • Pilih Layanan Pendaftaran IMEI. Temukan opsi atau layanan yang terkait dengan pendaftaran IMEI di situs web Bea Cukai.
  • Isi Informasi yang Diminta. Lengkapi formulir pendaftaran IMEI dengan informasi yang diminta. Pastikan untuk mengisi semua informasi dengan lengkap dan akurat.
  • Kirim Permintaan Pendaftaran. Setelah formulir terisi dengan benar, kirimkan permintaan pendaftaran IMEI melalui situs web Bea Cukai.
  • Tunggu Proses Verifikasi. Beri waktu untuk proses verifikasi oleh tim Bea Cukai. Mereka akan memeriksa informasi yang diberikan dan mengkonfirmasi pendaftaran IMEI.
  • Periksa Status Pendaftaran: Setelah proses selesai, rutin periksa status pendaftaran IMEI melalui situs web Bea Cukai. Ini penting untuk memastikan bahwa ponsel tersebut telah terdaftar dengan benar.

2. Lewat Aplikasi Mobile Bea Cukai

Salah satu layanan yang disediakan oleh Bea Cukai adalah melalui aplikasi mobile bernama Mobile BeaCukai. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan sejumlah layanan, salah satunya adalah pendaftaran IMEI.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti pengguna dalam melakukan pendaftaran IMEI melalui aplikasi tersebut.

  • Dapatkan Aplikasi Resmi Bea Cukai. Akses toko aplikasi resmi dan unduh aplikasi mobile resmi yang disediakan oleh Bea Cukai.
  • Buat Akun atau Masuk. Jika belum memiliki akun, daftar dulu di dalam aplikasi. Jika sudah memiliki akun, langsung masuk.
  • Pilih Layanan Pendaftaran IMEI. Telusuri opsi atau layanan terkait pendaftaran IMEI yang tersedia di dalam aplikasi.
  • Isi Formulir Pendaftaran IMEI. Lengkapi formulir pendaftaran IMEI dengan informasi yang diminta oleh aplikasi. Pastikan keakuratan dan kesesuaian data ponsel yang diberikan.
  • Kirim Permintaan Pendaftaran. Setelah formulir terisi, kirim permintaan pendaftaran IMEI melalui aplikasi.
  • Tunggu Proses Verifikasi. Sabarlah menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh tim Bea Cukai melalui aplikasi. Mereka akan meninjau informasi yang diberikan dan mengkonfirmasi pendaftaran IMEI ponsel tersebut.
  • Periksa Status Pendaftaran. Setelah proses selesai, secara berkala periksa status pendaftaran IMEI melalui aplikasi untuk memastikan bahwa ponsel telah terdaftar dengan benar.

Kenapa IMEI Tidak Terdaftar?

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan IMEI tidak terdaftar. Yang pertama adalah perangkat masuk ke Indonesia melalui jalur impor ilegal atau tanpa pendaftaran resmi.

Yang kedua adalah karena perangkat tersebut palsu atau KW. Perangkat palsu atau KW merupakan tiruan yang sering kali diproduksi tanpa izin resmi dan standar kualitas yang sesuai.

Perangkat semacam ini seringkali tidak memiliki IMEI yang valid atau memiliki IMEI yang terdaftar secara ilegal.

Demikian penjelasan cara mengatasi IMEI tidak terdaftar serta penyebab kenapa IMEI tidak terdaftar. Jadi kalau memang perangkat yang digunakan itu resmi dan bukan palsu atau KW seharusnya IMEI memang terdaftar. Namun apabila tidak terdaftar, cara-cara diatas bisa dilakukan untuk mendaftarkannya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.