5 Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Cas Batre Tanam Agar Bisa Digunakan Kembali

cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam

Jangan khawatir jika HP tiba-tiba tidak bisa diisi daya karena masalah tersebut bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah. Hal ini termasuk bagi para pengguna baterai tanam. Sebenarnya cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam ini mudah untuk dilakukan.

Salah satu penyebab umumnya adalah kabel atau kepala charger yang rusak, atau mungkin port USB yang tidak berfungsi dengan baik. Bahkan ada kemungkinan ada masalah pada perangkat kerasnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa ini adalah sesuatu yang wajar terjadi, karena penggunaan smartphone dalam kegiatan sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan dari waktu ke waktu. Mulai dari masalah kecil pada perangkat lunak hingga kerusakan serius pada perangkat keras, seperti menurunnya performa baterai.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp yang tidak bisa dicas khusus untuk baterai tanam. Berikut diantaranya:

1. Periksa Kabel dan Charger

cara mengatasi masalah pengisian baterai pada HP dengan baterai tanam yang tidak dapat diisi, yang dapat dilakukan dengan memeriksa kabel dan kepala charger terlebih dahulu. Pastikan untuk memeriksa dengan cermat apakah ada kabel yang rusak atau kepala charger yang tidak terhubung dengan baik.

Penggunaan yang tidak hati-hati terhadap kabel atau kepala charger HP dapat mengakibatkan kerusakan cepat dari kedua komponen tersebut. Penting juga untuk menggunakan kabel dan kepala charger yang sesuai dengan merek HP untuk menghindari masalah pengisian baterai tanam. Kabel yang rusak atau charger yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah dalam proses pengisian baterai tanam

2. Bersihkan Port Pengisian

Untuk mengatasi masalah HP yang tidak dapat diisi ulang, Anda perlu membersihkan port pengisian USB dari debu dan kotoran. Debu atau partikel kecil lainnya dapat menghalangi port pengisian ponsel, menyebabkan masalah pengisian. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat lembut atau alat penghisap debu secara hati-hati.

3. Coba Charger dengan Kapasitas Ampere Tinggi

Untuk cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam, salah satu langkahnya adalah mengganti charger dengan kapasitas Ampere yang lebih tinggi. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah pengisian daya yang tidak normal karena charger sebelumnya mungkin memiliki kapasitas Ampere yang terlalu rendah.

Setelah mengisi HP beberapa menit menggunakan charger berkapasitas Ampere tinggi yang dideteksi oleh HP, sebaiknya beralih kembali menggunakan charger asli yang disertakan dengan handphone. Tujuannya adalah untuk menghindari potensi kerusakan pada IC charger HP.

4. Ganti Adapter Charger

Jika sering menggunakan charger HP yang bukan asli dari smartphone tersebut, bisa berdampak negatif pada baterai. Untuk menghindarinya, disarankan menggunakan adapter charger yang asli atau bawaan dari smartphone.

Jika masalah HP tidak bisa diisi ulang baterainya masih terjadi, mencoba menggunakan adapter charger baru atau dengan Ampere yang lebih tinggi seperti Fast Charging bisa menjadi alternatif lain yang bisa dicoba.

5. Periksa Pengaturan Pengisian

HP yang secara tiba-tiba mati total dan tidak bisa diisi ulang karena baterai yang tertanam dapat diperbaiki dengan memeriksa pengaturan pengisian. Beberapa ponsel memiliki opsi pengaturan yang memungkinkan pengguna mengontrol proses pengisian baterai. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa opsi pengaturan ini tidak diaktifkan agar tidak membatasi proses pengisian baterai.

Itulah beberapa cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga simpel. Sehingga dengan menggunakan beberapa cara tersebut, kita tidak perlu mengunjungi tempat service untuk memperbaikinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.