Cara Menginstal Printer Canon Ip2770 ke Laptop Tanpa CD

cara menginstal printer canon ip2770 ke laptop tanpa cd

Menggunakan printer untuk mencetak dokumen pekerjaan atau tugas kuliah adalah kebutuhan yang penting bagi banyak orang. Namun, ada kalanya pengguna menghadapi masalah terkait cara menginstal printer canon ip2770 ke laptop tanpa cd, karena sebuah alasan tertentu.

CD driver mungkin hilang, rusak, atau laptop kita tidak dilengkapi dengan CD/DVD Rom demi desain yang lebih ringkas dan ramping. Jangan khawatir, sekarang ada metode lain untuk menginstal aplikasi tanpa memerlukan CD. Bagaimana cara menginstal printer canon ip2770 ke laptop tanpa cd? Mari simak penjelasan berikut ini.

Cara Mendapat Driver Printer

Untuk mendapatkan driver printer, Anda bisa mencarinya secara online. Sebaiknya, unduh driver langsung dari situs resmi Canon karena lebih aman dan menyediakan koleksi driver yang lengkap.

Sebelum mengunduh, pastikan Anda mengetahui versi sistem operasi yang digunakan, apakah Windows 7 atau Windows 8. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh driver printer iP2770 secara online:

  • Buka menu Dukungan di situs id.canon/en.
  • Ketik tipe printer dengan seri iP2770.
  • Sesuaikan pilihan dengan sistem operasi yang digunakan.
  • Pilih driver yang direkomendasikan dari daftar yang tersedia.
  • Klik unduh dan tunggu hingga proses selesai.

Cara Instal Driver Printer di Laptop

Menginstal printer Canon iP2770 ke laptop tanpa menggunakan CD sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan menggunakan CD. Intinya, driver yang digunakan tetap sama, hanya saja cara mendapatkannya yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Driver

Setelah driver diunduh atau disalin ke flashdisk, proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik pada file driver Canon (.exe).
  • Pilih opsi Run, lalu klik Next.
  • Pilih opsi Asia, kemudian klik Next.
  • Baca Syarat dan Ketentuan, gulir ke bawah, lalu klik Yes.
  • Sambungkan kabel USB printer ke laptop.
  • Terakhir, klik Complete.

Langkah-langkah tersebut akan membantu Anda menginstal printer Canon iP2770 tanpa memerlukan CD.

2. Melalui Instal Otomatis

Namun, tak perlu terkejut jika ada beberapa laptop yang sangat canggih karena bisa menginstal driver secara otomatis. Cukup hubungkan kabel USB dari printer ke laptop, maka sistem Windows akan mendeteksi dan menginstalnya secara otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Start Windows, lalu klik Device and Printer.
  • Atau, cari menu Printer & Scanners (untuk Windows 10).
  • Pilih opsi Add printer or scanner (pastikan printer dalam keadaan menyala).
  • Tunggu hingga proses pencarian selesai, lalu pilih Add printer.
  • Setelah itu, printer siap untuk digunakan.

Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba cetak untuk memastikan bahwa driver telah terpasang dengan benar. Biasanya, saat memberi perintah cetak, akan muncul daftar nama printer yang aktif atau yang telah terhubung ke laptop.

Tidak ada salahnya melakukan uji cetak pada dokumen di Word atau gambar-gambar untuk sekaligus menguji warna. Pastikan kertas telah ditempatkan pada tray yang disediakan, lalu periksa hasil cetakan dari dokumen tersebut.

Tips Instal Printer Canon iP2770

Ada saat-saat dimana setelah memasang printer, perangkat tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak terdeteksi oleh laptop. Ini bisa terjadi karena proses instalasi driver yang kurang tepat atau karena driver tersebut tidak cocok dengan sistem operasi laptop.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kembali apakah jenis driver yang diinstal sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya, jika installer yang tersedia hanya untuk Windows 7 (64-bit) tetapi diinstal pada laptop dengan Windows 7 (32-bit), maka sudah pasti tidak akan berhasil.

Secara singkat, cara menginstal printer canon ip2770 ke laptop tanpa cd, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar printer dapat berfungsi dengan baik. Setelah memahami penjelasan ini, diharapkan tidak lagi mengalami kesulitan saat menginstal printer di berbagai jenis laptop.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.