Cara Deteksi Uang Palsu dengan Android Agar Tidak Mudah Tertipu

Cara Deteksi Uang Palsu dengan Android

Peredaran uang palsu di masyarakat dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Selain merugikan individu yang menerima uang tersebut, peredaran uang palsu juga dapat memicu inflasi. Namun tak perlu khawatir, cara deteksi uang palsu dengan android kini bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu, uang palsu dapat menggantikan uang yang memiliki kualitas baik. Uang, sebagai alat tukar, penting untuk membeli barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, pengguna bisa memeriksa keaslian uang dengan mudah melalui ponsel pintar. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu untuk memeriksa apakah uang yang diterima adalah uang asli atau palsu.

Cara Deteksi Uang Palsu dengan Android

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini, tentu akan ada banyak masalah yang bisa saja timbul. Salah satunya yakni banyaknya edaran uang palsu.

Untuk itu, kini untuk mendeteksi uang palsu bisa dilakukan dengan bantuan android. berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Gunakan Aplikasi Detektor Uang Palsu

Aplikasi Detektor Uang Palsu adalah sebuah solusi yang bisa pengguna gunakan untuk memeriksa keaslian uang. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan iOS.

Dengan menggunakan fitur pemindaian sinar ultraviolet, aplikasi ini mampu mendeteksi hologram yang hanya ada pada uang asli. Jika setelah pemindaian tidak ditemukan stiker hologram, maka uang tersebut bisa dipastikan palsu.

2. Menggunakan Aplikasi I-Comreds

Cek keaslian uang menggunakan HP dapat dilakukan melalui aplikasi I-Comreds. Aplikasi ini adalah alat pre-screening yang menggunakan teknologi pembelajaran mesin (machine learning) dengan metode deep learning.

Aplikasi ini mampu mengenali pola dan informasi gambar berupa pixel pada uang rupiah. Namun, saat ini, aplikasi ini baru diprioritaskan untuk beberapa wilayah di Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Penggunaan aplikasi I-Comreds sangat mudah. Masyarakat hanya perlu mengunduhnya dari Playstore. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi I-Comreds di Playstore.
  • Lakukan pendaftaran dengan menekan tombol Daftar.
  • Isi formulir pendaftaran yang mencakup nama lengkap, NIK, nomor HP, alamat e-mail, dan password.
  • Klik Daftar.
  • Tunggu hingga akun pengguna berhasil diverifikasi.
  • Setelah verifikasi berhasil, pengguna dapat langsung Login untuk menggunakannya.
  • Klik Mulai, kemudian Masuk.
  • Masukkan alamat e-mail dan password pengguna, lalu klik Login.
  • Setelah itu, lakukan pre-screening uang pengguna.

3. Menggunakan Aplikasi Gempur (Gerakan Masyarakat Pecinta Uang Rupiah)

Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan aplikasi bernama Gempur sejak tahun 2018. Aplikasi ini bisa diakses melalui smartphone untuk membantu mendeteksi uang palsu, baik dalam transaksi offline maupun online.

Jika pengguna menemukan uang yang dicurigai sebagai uang palsu, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi Gempur karena aplikasi ini dapat menentukan keaslian uang tersebut.

Cara Deteksi Uang Palsu Secara Manual

Untuk memeriksa keaslian uang, masyarakat dapat melakukan tiga langkah utama. Pertama, dengan melihat perbedaan antara uang asli dan palsu. Uang asli memiliki benang pengaman dan logo BI dengan tinta yang berubah warna. Kedua, dengan meraba permukaan uang.

Uang asli dicetak menggunakan kertas kapas, sehingga teksturnya agak kasar, berbeda dengan uang palsu yang cenderung licin dan halus karena terbuat dari kertas biasa. Selain itu, uang asli memiliki kode tunanetra (blind code) di bagian-bagian tertentu yang terasa kasar saat diraba.

Ketiga, dengan menerawang uang di bawah cahaya. Uang asli memiliki tanda air (watermark), electrotype, dan gambar saling isi (rectoverso) yang akan tampak jelas saat diterawang.

Itulah uraian terkait dengan cara deteksi uang palsu dengan android yang bisa dilakukan. Selain itu, dalam penjelasan ini juga telah diberikan cara yang bisa dilakukan secara manual.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.