4 Cara Mengatasi Youtube Ada Masalah dengan Server 400 dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Youtube Ada Masalah dengan Server 400

Baik pengguna ponsel Android maupun iPhone mungkin pernah mengalami pesan Server 400 Error saat memutar video di aplikasi YouTube. Ketika pesan ini muncul, video tidak bisa diputar atau ditonton. Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi youtube ada masalah dengan server 400 yang bisa dilakukan dengan mudah.

Pesan ini biasanya muncul secara otomatis, menandakan bahwa aplikasi YouTube di ponsel tidak dapat memproses permintaan pengguna dengan baik. Error atau gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Untuk itu, dalam penjelasan ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan penyebab dan juga bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Simak uraian berikut ini:

Penyebab Youtube Ada Masalah dengan Server 400

Salah satu kesalahan yang sering ditemui saat berselancar di internet adalah Error 400. Menurut Ganesha (2013: 32) dalam buku Menyulap Windows XP Jadi Server Web, pesan kesalahan yang disesuaikan atau dikenal sebagai custom error message dalam IIS akan menampilkan kode-kode HTTP standar.

Salah satu kode kesalahan HTTP ini adalah Error 400 Bad Request. Error 400 Bad Request terjadi ketika server tidak dapat memahami permintaan yang dikirimkan oleh pengguna. Hal ini terjadi karena permintaan tersebut tidak tepat atau mengalami kerusakan selama proses pengiriman data.

Pesan error tersebut tidak hanya disebabkan oleh masalah pada server, tetapi juga bisa disebabkan oleh jumlah memori dan data yang disimpan. Oleh karena itu, para pengguna YouTube perlu memantau penggunaan data dan cache aplikasi ini untuk mengurangi kemungkinan kesalahan saat mengakses aplikasi.

Cara Mengatasi Youtube Ada Masalah dengan Server 400

Setelah mengetahui penyebab dari adanya masalah youtube server 400, maka hal selanjutnya yang bisa diketahui yakni terkait dengan bagaimana cara  yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut diantaranya:

1. Pastikan Telah Terkoneksi dengan Internet

Jika Pengguna telah mematikan mode pesawat tetapi masih melihat pesan Server 400 Error di YouTube, pastikan ponsel Pengguna terhubung dengan koneksi internet. Ponsel harus terhubung ke internet, baik melalui jaringan seluler atau WiFi, untuk mengakses aplikasi YouTube dengan baik.

Jika menggunakan jaringan seluler, pastikan paket data Pengguna masih aktif. Untuk koneksi internet melalui WiFi, pastikan tidak ada masalah dengan router yang menyediakan jaringan tersebut.

2. Hapus Cache dan Cookies Browser

Berikut adalah cara lain untuk menghindari error 400 Bad Request, yaitu dengan membersihkan cache dan cookies pada browser. Cache yang telah rusak atau kadaluarsa dapat menyebabkan pesan error 400 muncul saat mencoba mengakses sebuah website.

3. Muat Ulang Youtube

Berdasarkan informasi dari laman dukungan resmi Google, untuk mengatasi masalah Server 400 Error di YouTube, Pengguna bisa mencoba memuat ulang aplikasi. Langkah pertama adalah menutup aplikasi YouTube sepenuhnya, lalu membukanya kembali.

Cara menutup aplikasi sepenuhnya bisa berbeda-beda tergantung jenis ponsel yang Pengguna gunakan. Pastikan untuk mengikuti panduan penutupan aplikasi penuh yang sesuai dengan perangkat Anda. Memuat ulang aplikasi ini bertujuan untuk menyegarkan sistem, sehingga aplikasi bisa berjalan kembali dengan lancar.

4. Perbaharui Aplikasi Youtube

Salah satu metode untuk mengatasi masalah Server 400 Error di YouTube adalah dengan memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Pembaruan ini biasanya menyertakan perbaikan untuk berbagai gangguan.

Selain itu, Pengguna juga bisa membaca artikel tentang cara melakukan live streaming YouTube melalui perangkat Android dan iPhone. Untuk memperbarui aplikasi YouTube, Pengguna dapat mengakses toko aplikasi pada ponsel Anda, seperti App Store untuk iPhone dan Google Play Store untuk ponsel Android.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi youtube ada masalah dengan server 400 yang bisa dilakukan. Selain itu, dalam penjelasan ini juga telah diberikan penjelasan terkait dengan penyebab dari masalah tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.