Cara Update iOS di Macbook dan Hal yang Harus Diperhatikan Agar Berhasil

Cara Update iOS di Macbook

Apple secara rutin meluncurkan pembaruan sistem operasi terbaru untuk MacBook. Hingga saat ini, MacOS Ventura sudah dirilis. Namun, masih ada banyak pengguna MacBook yang belum melakukan pembaruan sistem. Sebenarnya cara update iOS di Macbook ini bisa dilakukan secara mandiri.

Dengan melakukan pembaruan perangkat lunak, pengguna bisa mendapatkan beberapa manfaat, seperti akses ke fitur-fitur terbaru dan peningkatan keamanan perangkat. Bagi sebagian pengguna, terutama yang baru pertama kali menggunakan Mac, mungkin masih merasa bingung tentang cara memperbarui sistem operasi.

Penasaran bagaimana cara yang harus dilakukan jika ingin melakukan update sistem operasi ini? Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan uraian terkait dengan apa saja hal yang harus diperhatikan ketika melakukan update iOS. Selain itu, juga akan diberikan penjelasan terkait dengan cara yang harus dilakukannya:

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Update iOS

Meng-update sistem operasi (OS) di MacBook ternyata tidak serumit yang sering dibayangkan. Namun, sebelum memulai proses update, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan Kapasitas Memori Penyimpanan Cukup

Sebelum memulai update OS, pastikan bahwa ruang penyimpanan di MacBook Pengguna mencukupi. Umumnya, update OS memerlukan ruang yang cukup besar, bisa lebih dari 20 GB.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Sebaiknya, lakukan riset tentang OS terbaru yang akan diinstal agar Pengguna bisa lebih siap dalam menyiapkan perangkat.

2. Backup Data Penting

Selain memeriksa ruang penyimpanan, jangan lupa untuk melakukan backup data penting ke layanan penyimpanan awan atau cloud. Langkah ini untuk memastikan bahwa data penting Pengguna tetap aman jika terjadi sesuatu selama proses update. Beberapa opsi layanan cloud yang dapat digunakan antara lain Google Drive, OneDrive, iCloud, atau Dropbox.

3. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet yang stabil sangat diperlukan dalam proses ini, karena Pengguna akan mengunduh file OS secara langsung. Sebelum memulai, pastikan koneksi internet Pengguna stabil. Disarankan untuk menggunakan WiFi daripada data seluler.

Cara Update iOS di Macbook

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan update iOS, maka hal selanjutnya yang harus diketahui yakni bagaimana cara yang harus dilakukan ketika ingin melakukan update. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

  • Buka System Preferences. Klik logo Apple di pojok kiri atas layar untuk membuka Apple Menu, lalu pilih System Preferences.
  • Pilih opsi Software Update setelah jendela preferensi sistem terbuka.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem memeriksa pembaruan perangkat lunak.
  • Jika ada pembaruan OS terbaru, informasi tersebut akan ditampilkan. Bagi pengguna MacBook terbaru, sistem akan menyarankan untuk memperbarui OS ke versi terbaru.
  • Klik Upgrade Now untuk memulai proses pembaruan sistem operasi.
  • Tunggu hingga unduhan OS selesai, pastikan koneksi internet Pengguna stabil.
  • Ketika dialog muncul, klik Continue.
  • Klik Agree dua kali untuk melanjutkan proses instalasi OS, kemudian tentukan lokasi instalasi, yaitu pada drive SSD yang terpasang.
  • Masukkan kata sandi MacBook Pengguna untuk melanjutkan. Setelah itu, restart perangkat.
  • Tunggu hingga OS selesai diinstal pada MacBook Pengguna.
  • Setelah perangkat selesai di-restart, OS terbaru akan langsung terpasang pada MacBook Pengguna.
  • Langkah terakhir adalah memasang aplikasi yang diperlukan dan menggunakan perangkat seperti biasa.

Itulah uraian terkait dengan cara update iOS di macbook yang bisa dilakukan. Tentunya dengan memperhatikan beberapa hal tertentu, maka proses update akan dapat berjalan dengan lancar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.