6 Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Agar Kembali Lega

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Memori yang sudah terisi penuh dapat mengakibatkan kinerja ponsel menjadi tidak maksimal. Akibatnya, ponsel akan berjalan lambat dan kita juga tidak dapat menambah aplikasi baru. Sebenarnya cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi ini bisa dilakukan dengan beberapa hal.

Seperti yang telah diketahui bahwa, beberapa aplikasi mungkin tidak dapat dibuka sebelum kita mengosongkan ruang penyimpanan. Masalah ini sering muncul meskipun kita merasa tidak menyimpan banyak file atau memiliki banyak aplikasi.

Tentu saja, kita tidak ingin sembarangan menghapus aplikasi, karena beberapa di antaranya mungkin dianggap penting.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori yang penuh tanpa melakukan penghapusan aplikasi. Berikut diantaranya:

1. Hapus Database WhatsApp

Selain menyimpan foto, audio, dan video, WhatsApp juga membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan database. Setiap hari, aplikasi ini secara otomatis menyimpan percakapan ke dalam database. Dengan semakin seringnya penggunaan WhatsApp, ukuran file di dalam database akan semakin membesar.

Untuk mengaksesnya, kamu dapat menggunakan file manager seperti yang dijelaskan sebelumnya. Setelah membuka folder ‘WhatsApp’, lanjutkan ke folder ‘Database’. Di sini, kamu bisa menghapus beberapa atau semua file database yang ada.

2. Kosongkan Cache

Cache adalah berkas sementara yang secara otomatis disimpan oleh aplikasi. Contohnya, saat menonton video di YouTube, kamu sebenarnya sudah mengunduh video tersebut dalam bentuk cache tanpa menyadarinya.

Selain YouTube, beberapa aplikasi lain yang juga menyimpan file cache termasuk Instagram, TikTok, aplikasi peramban, marketplace, dan aplikasi streaming film.

Untuk menghapus cache, kamu dapat melakukannya melalui menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’. Setelah itu, pilih ‘Apps’, lalu pilih aplikasi yang diinginkan, lanjutkan dengan memilih ‘Storage’, dan terakhir tekan ‘Clear cache’.

3. Hapus Foto dan Video Aplikasi Messenger

Aplikasi pesan seperti WhatsApp dan Telegram dikenal sebagai aplikasi yang membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Selain menyimpan chat, aplikasi ini juga menyimpan foto dan video yang kamu unduh atau kirim ke teman.

Untuk menghapusnya, kamu bisa melakukannya melalui galeri atau pengelola file. Di pengelola file, cukup ketik ‘whatsapp’ pada kolom pencarian. Setelah itu, buka folder ‘WhatsApp’, lalu masuk ke ‘Media’, dan kemudian pilih folder images, audio, video, dan lain-lain.

Di setiap folder, terdapat subfolder ‘Sent’ yang berisi file-file yang telah kamu kirim. Hapuslah file-file tersebut jika sudah tidak diperlukan lagi.

4. Bersihkan Tong Sampah dan Restart HP

Setelah menghapus file foto, video, dan database WhatsApp, kamu mungkin masih merasa ruang penyimpanan penuh.

Cobalah untuk memeriksa tong sampah atau ‘trash’, karena ada kemungkinan file yang sudah dihapus masih tersimpan di sana. Selain itu, kamu juga bisa mencoba merestart ponselmu untuk melihat apakah ada perubahan.

5. Hapus Unduhan YouTube

YouTube menyediakan opsi ‘Download’ yang memungkinkan pengguna untuk memutar video favorit secara berulang tanpa harus khawatir kehabisan kuota internet.

Namun, penggunaan fitur ini dapat mengakibatkan berkurangnya kapasitas penyimpanan perangkat. Oleh karena itu, penting untuk menghapus unduhan YouTube agar dapat mengosongkan ruang penyimpanan yang diperlukan.

6. Hapus File Sampah

Anda juga dapat menghapus file sampah atau junk files untuk membebaskan ruang penyimpanan. Gunakan aplikasi pembersih sampah atau file manager, seperti ‘Files’ dari Google, untuk membantu proses ini.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, tentu memori akan dapat lebih lega.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.