5 Cara Mengatasi Kabel Cas Longgar Agar Tetap Bisa Digunakan Kembali

cara mengatasi kabel cas longgar

Telepon seluler (HP) dan pengisi daya (charger) merupakan dua perangkat yang saling membutuhkan satu sama lain. Salah satu keluhan umum dari pengguna HP adalah charger yang longgar. Sebenarnya cara mengatasi kabel cas longgar yang bisa dilakukan.

Tanpa pengisi daya, HP tidak akan dapat menyala ketika baterainya habis. Namun, seiring waktu, ada kalanya charger tidak berfungsi dengan baik. Dengan adanya kerusakan pada kabel cas tersebut maka dapat menyebabkan proses pengisian daya baterai menjadi tidak efektif.

Alih-alih terisi, baterai justru terhenti pada angka 0%. Namun, jangan khawatir, teman-teman. Ada beberapa cara untuk memperbaiki charger HP yang longgar, yang bisa kamu coba sebagai solusi sementara sebelum memutuskan untuk membeli charger baru.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kabel cas tersebut? Untuk itu, simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya:

1. Bersihkan Lubang Charger

Salah satu faktor yang membuat port charger ponsel menjadi longgar atau tidak pas adalah karena lubang tersebut terhalang kotoran. Untuk memperbaikinya, Pengguna perlu membersihkan debu dan kotoran yang terperangkap di dalam port.

Pengguna dapat menggunakan cotton bud bersama dengan jarum atau tusuk gigi untuk membersihkannya. Mulailah dengan menggosok bagian yang kotor menggunakan jarum, kemudian selesaikan dengan membersihkan debu menggunakan cotton bud.

2. Periksa Konektor Charger

Charger yang tidak pas bisa jadi akibat masalah pada konektor. Konektor ini berfungsi untuk mengalirkan listrik dari sumber ke ponsel. Bagian ujung konektor memiliki lubang yang bisa tersumbat oleh debu atau kotoran.

Dalam beberapa kasus, lubang konektor bahkan bisa mengalami kerusakan. Periksa bagian tersebut dan bersihkan menggunakan benda kecil seperti cotton bud, tusuk gigi, atau jarum jika terlihat kotor. Cobalah untuk mengatur kembali posisi konektor agar aliran listrik untuk pengisian daya dapat berjalan dengan baik.

3. Coba Ganti Charger

Untuk mengatasi masalah charger HP yang longgar, cobalah menggunakan charger yang berbeda. Langkah ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber permasalahan. Jika perangkat dapat terisi daya dengan charger alternatif, berarti ada masalah pada charger asli.

Namun, jika tidak, kemungkinan besar masalah terletak pada kemampuan HP itu sendiri untuk mengisi daya. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli charger baru, sebaiknya bawa HP Pengguna ke teknisi yang dapat membantu memperbaiki masalah tersebut.

4. Coba Colokkan Charger ke Stopkontak Lain

Meskipun kondisi charger terlihat longgar, charger tersebut umumnya masih dapat berfungsi. Untuk memeriksa apakah charger yang longgar menyebabkan pengisian daya menjadi tidak efisien, coba sambungkan charger ke stopkontak yang berbeda. Perhatikan apakah proses pengisian daya berjalan dengan baik atau tidak.

Jika tetap tidak optimal, bisa jadi masalahnya memang terletak pada charger yang longgar. Selanjutnya, perhatikan baik-baik lubang charger pada perangkat dan charger itu sendiri, seperti langkah-langkah untuk memperbaiki charger HP yang longgar yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Cek Laptop

Pengguna juga dapat mencoba memeriksa apakah baterai ponsel Pengguna dapat diisi ulang menggunakan charger yang terhubung ke laptop, seperti yang dijelaskan. Jika charger tidak cocok dengan laptop, cobalah untuk menggoyangkan kabel agar terhubung dengan baik.

Jika kabelnya longgar, coba geser laptop sedikit. Namun, jika baterai tetap tidak terisi, ada kemungkinan kabel tersebut mengalami kerusakan

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi kabel cas longgar. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, maka charger yang ada ini bisa digunakan kembali.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.