KomputerLinuxWindows

Apa Itu NTFS, FAT32, dan exFAT | Apa sih Perbedaannya?

Apa Itu NTFS, FAT32, dan exFAT | Apa sih Perbedaannya? – Baiklah disini saya akan menjelaskan tentang apa itu NTFS, FAT32, dan exFAT apa sih perbedaannya? Simak dibawah ini.


Apakah anda pernah melihat 3 nama file sistem penyimpanan yang bernama NTFS, FAT32, dan exFAT pada media penyimpanan data? Ya, biasanya anda dapat menemukan 3 nama file sistem ini di media penyimpanan data seperti Hard Disk, SSD, dan bahkan Flash Disk. Apalagi anda ingin memformat suatu media penyimpanan data seperti Hard Disk, SSD, dan Flash Disk maka akan ditampilkan pilihan salah satu dari file sistem tersebut. Anda pasti bingung apa sih itu NTFS, FAT32, serta exFAT? Apa sih perbedannya? Yang mana sih yang harus saya pilih?, anda tidak perlu bingung karena kali ini saya akan menjelaskan apa Itu NTFS, FAT32, dan exFAT dan apa sih perbedaannya?.


tampilan-perbedaan-ntfs-fat32-exfat



  • Apa itu NTFS, FAT32, dan exFAT

    • FAT32

File sistem FAT32 diciptakan dan dipublikasikan pada OS Windows 95 yang digunakan untuk menggantikan file sistem FAT16 dizaman itu. FAT32 merupakan file sistem yang sangat old dibandingkan dengan NTFS, dan exFAT. Sehingga pada zaman itu FAT32 digunakan sebagai media pemyimpanan file tunggal yang berkapasitas lebih dari 4 GB dan dibatasi hingga 2 TB.

Pada umumnya file sistem FAT32 digunakan pada Flash Disk yang digunakan pada Laptop / Komputer anda dan bahkan konsol game atau perangkat lainnya karena file sistem FAT32 ini support dengan port USB sehingga anda leluasa memasang hingga melepas perangkat dari file sistem FAT32.

    • exFAT

File sistem exFAT diciptakan pada tahun 2006, yang didesain ringan dan hampir sama dengan file sistem FAT32 tetapi file sistem exFAT lebih unggul dibandingkan dengan file sistem FAT32 karena file sistem ini mempunyai ukuran partisi yang cukup besar sehingga pada zamannya kebanyakan orang meninggalkan file sistem FAT32 dan beralih ke exFAT. File sistem exFAT mampu memiliki ukuran penyimpanan lebih dari 4 GB untuk Flash Disk atau lainnya.

    • NTFS

NTFS diciptakan pada bulan Juli 1993, karena pada zaman itu Microsoft menamainya NTFS agar dapat bekerja sama dengan Windows NT maka dari itu dengan rilisnya NTFS dapat bersamaan dengan rilisnya windows NT 3.1.

NTFS atau New Technology File System merupakan file sistem yang digunakan oleh Microsoft pada kumpulan sistem operasi Windows NT seperti Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan bahkan Windows 7 pada zamannya. NTFS merupakan file sistem yang banyak orang memakainya dan paling di favoritkan oleh Windows. Oleh karena itu pada saat mengingtal sistem operasi Windows XP dan lainnya kebanyakan orang memakai NTFS, karena NTFS ini support dengan kapasitas penyimpanan data yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan FAT32, dan exFAT.

Namun NTFS hanya support dengan versi terbaru dari Windows sehingga sistem operasi distro linux hanya beberapa saja yang support dengan file sistem ini.

  • Apa Perbedaan NTFS, FAT32, dan exFAT
  1. Mulai dari ukuran partisi penyimpanan. NTFS, FAT32, serta exFAT memang mempunyai ukuran maksimum partisi yaitu sebanyak 2 TB. Namun, NTFS memiliki ukuran maksimum tidak terbatas, sedangkan FAT32 terbatas hingga 4 GB diikuti dengan exFAT lebih dikit 4 GB.
  2. Kecepatan akses. NTFS dapat mengakses file jauh lebih cepat dibandingan dengan FAT32 dan exFAT, karena NTFS mempunyai atribut data dalam MFT.
  3. Daya tahan, NTFS dapat memulihkan terhadap kesalahan yang tidak diinginkan dan dapat dilakukan dengan mudah. Sedangkan FAT32 dan exFAT tidak ada.
  4. Keamanan dat. NTFS memiliki built in security. Sedangkan FAT32 dan exFAT tidak memilikinya.
  5. Efisiensi penggunaan ruang penyimpanan. NTFS dapat lebih hemat tempat dibandingkan FAT32 dan exFAT.

Anda sudah mengetahui tentang apa itu NTFS, FAT32, dan exFAT dan apa sih perbedaannya?. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa FAT32 digunakan untuk penyimpanan tunggal dengan ukuran dibawah 4 GB kemudian diikuti dengan exFAT juga digunakan untuk penyimpanan tunggal tetapi lebih besar dibandingkan FAT32. Sedangkan NTFS jauh lebih mudah dan simple, sangat cocok dipakai di saat ini karena sudah mendukung media penyimpanan internal bahkan eksternal yang digunakan untuk sistem operasi Windows bahkan sebagian sistem operasi distro Linux. Karena NTFS ini  support dengan banyak fitur dan ukuran partisi yang sangat besar dibandingkan FAT32 dan exFAT.

Demikianlah artikel yang berjudul Apa Itu NTFS, FAT32, dan exFAT | Apa sih Perbedaannya? semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button