Perbedaan GPT dan MBR Pilih yang Mana?

Perbedaan GPT dan MBR Pilih yang Mana? Baiklah disini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara GPT dan MBR.

Sebelum memformat sebuah Hard Disk, SSD, Flash Disk, DLL anda akan diminta untuk memilih sistem partisi GPT atau MBR. Manakah yang lebih baik antara GPT dan MBR? Anda tidak usah bingung karena kali ini saya akan menjelaskan apa sih perbedaan antara GPT dan MBR? yang mana sih yang lebih baik digunakan?.

Selain memilih sistem partisi antara GPT dan MBR, juga harus disesuaikan dengan pemilihan firmware baik BIOS atau UEFI. ( Jika anda tidak tahu apa itu BIOS dan UEFI dan apa sih perbedaannya Klik Disini ).

GPT dan MBR merupakan sistem partisi, sistem partisi ini berada didalam storage atau penyimpanan data (Hard Disk, SSD) didalam Laptop / Komputer anda, yang digunakan oleh sistem operasi seperti Windows atau Linux untuk mengelola data didalam strorage atau penyimpanan data tersebut.

  • Apa itu MBR dan GPT

    • MBR ( Master Boot Record )

MBR (Master Boot Record) adalah sistem partisi yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1983. MBR bertugas untuk penyimpanan informasi seperti logical partition, file sistem serta pengaturan sistem. MBR diciptakan oleh IBM bersamaan dengan PC DOS 2.0.

MBR dibatasi didalam ruang penyimpanan dengan maksimum 2 TiB. Oleh karena itu, sistem partisi MBR digunakan bersamaan dengan legacy BIOS firmware atau lebih jelasnya yaitu sistem operasi yang jadul seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, DLL. Sehingga kekurangan dari sistem partisi MBR yaitu tidak bisa digunakan di era modern seperti saat ini, maka dibuatlah sistem partisi baru yaitu  GPT (GUID Partition Table).

    • GPT ( GUID Partition Table )

GPT (GUID Partition Table) adalah sistem partisi media penyimpanan pada komputer seperti Hard Disk dan SSD yang menggunakan Universally Unique Identifiers atau yang biasa orang sebut yaitu GUIDs (Global Unique Identifiers) sebagai penanda Media Penyimpanan terbaru.

Sistem partisi GPT digunakan sebagai media penyimpanan data yang standar untuk firmaware terbaru yaitu UEFI pengganti dari BIOS dan menjadi sistem partisi yang banyak digunakan oleh orang-orang pada saat ini.

  • Perbedaan Antara GPT dan MBR

  1. GPT dan MBR diciptakan diwaktu yang berbeda.
  2. GPT mampu lebih banyak menggunakan partisi primary dibandingkan MBR.
  3. GPT support lebih banyak partisi dibanding MBR.
  4. GPT mendukung penyimpanan yang berukuran lebih dari 2TiB
  5. Dukungan terhadap sistem operasi.
  6. GPT dan MBR mempunyai Boot Mode yang berbeda.

Sistem partisi GPT mempunyai banyak kelebihan dibanding MBR, sistem partisi GPT bahkan mampu menghindari file sistem korup karena index file dibuat redundant dan untuk sekarang ini banyak yang sudah memakai sistem partisi GPT karena jauh lebih modern dan akan dipakai terus-menerus untuk kedepannya dibanding MBR, oleh karena itu MBR hanya digunakan untuk sistem operasi yang lawas seperti Windows XP, Windows Vista, dan bahkan Windows 7.

Demikianlah artikel yang berjudul Perbedaan GPT dan MBR Pilih yang Mana? semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.