KomputerLinuxWindows

Perbedaan BIOS dan UEFI pada Laptop / Komputer

Perbedaan BIOS dan UEFI pada Laptop / Komputer Baiklah disini saya akan menjelaskan apa sih perbedaan antara BIOS ( Legacy ) dengan UEFI pada Laptop / Komputer.

BIOS ( Legacy ) dan UEFI merupakan software / perangkat lunak yang berada didalam Laptop / Komputer anda untuk menghubungkan ke sistem operasi. BIOS atau UEFI akan muncul pada saat Laptop / Komputer anda di hidupkan yang akan memberikan instruksi disebuah firmware.

tampilan-perbedaan-bios-dan-uefi

Pada zaman sekarang kebanyakan merek-merek yang terkenal seperti ASUS, ACER, Lenovo, DLL menggunakan UEFI dibandingkan BIOS ( Legacy ) pada Laptop / Komputer mereka. Jadi diiring perkembangannya zaman dan teknologi BIOS ( Legacy ) akan ditinggalkan dan beralih ke UEFI.

Apalagi sekarang sistem operasi seperti Windows 10 sudah banyak orang yang menggunakan UEFI dibandingkan BIOS ( Legacy ) yang mewajibkan sistem partisi GPT pada Hard Disk atau SSD. Oleh karena itu, motherboard pada Laptop / Komputer kalian harus sudah memumpuni atau support dengan UEFI. ( Jika anda belum tahu tentang apa itu GPT dan MBR dan apa sih perbedaannya Klik Disini )

  • Apa sih itu BIOS ( Legacy ) dan UEFI

    • BIOS ( Legacy )

BIOS ( Legacy ) merupakan istilah lain dari CSM ( Compatibility Support Module). BIOS ( Legacy ) menggunakan 16 bit – code, yang mana itu menandakan bahwa teknologi prosessor saat ini sudah menggunakan 64 bit.

BIOS ( Legacy ) merupakan singkatan dari Basic Input / Output System diciptakan oleh Gary Killdall pada tahun 1990-an dan sudah digunakan untuk produk-produk dari IBM PC. Kekurangannya dari segi tampilannya sudah sangat lawas dibandingkan UEFI, dan hanya mempunyai kapasitas maksimal yaitu 2 TiB.

    • UEFI

UEFI singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface merupakan upgradetan dan yang lebih modern dari BIOS ( Legacy ). Awalnya software / perangkat lunak ini bernama EFI yang mana dibangun oleh perusahaan Intel dan HP pada tahun 1990-an.

UEFI sudah mendukung kapasitas penyimpanan data Hard Disk atau SSD lebih dari 2 TiB sehingga anda leluasa menyimpan data-data yang besar. Seiring berkembangnya zaman, game, aplikasi, DLL makin memakan banyak penyimpanan, oleh karena itu UEFI adalah solusi yang sangat baik digunakan pada saat ini dan banyak diminati oleh kebanyakan orang.

  • Perbedaan BIOS ( Legacy ) dan UEFI
  1. BIOS hanya mendukung kapasitas penyimpanan data sebanyak 2 TiB dibandingkan UEFI, UEFI mampu lebih dari 2 TiB.
  2. UEFI sudah mampu menggunakan remote jarak jauh.
  3. UEFI mampu juga menjalankan BIOS ( Legacy ).
  4. UEFI sudah bisa menggunakan keyboard, mouse, touchpad, dan bahkan mampu touchscreen jika layar Laptop / Monitor Komputer anda sudah support touchscreen. Dibandingkan dengan BIOS hanya mampu menggunakan keyboard.
  5. Pada tampilan UEFI terlihat lebih modern dan sangat cocok dipakai pada zaman ini dibandingkan dengan BIOS.

Jadi anda sudah tahukan tentang perbedaan BIOS dan UEFI pada Laptop / Komputer. UEFI lebih unggul dibandingkan BIOS ditahun 2020 ini. Kebanyakan para gamer, bahkan para editor sudah memakai UEFI karena lebih nyaman dan lebih modern dibandingkan dengan BIOS ( Legacy ).

Demikianlah artikel yang berjudul Perbedaan BIOS dan UEFI pada Laptop / Komputer, semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button