Apa itu Proses Produksi Kontinu | PKK

Apa itu Proses Produksi Kontinu | PKK  Baiklah kali ini saya akan melanjutkan dari pembahasan sebelumnya yaitu Penjelasan Tentang Proses Produksi yang Terputus – Putus | PKK alangkah baiknya anda membaca atau melihatnya terlebih dahulu agar lebih mudah dimengerti terkait penjelasan tentang proses produksi yang terputus – putus.

Pada kali ini saya akan membahas tentang apa itu proses produksi kontinu dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK. Baiklah langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.


Proses Produksi yang Kontinu (Continous Process)

Produksi kontinu adalah suatu metode proses produksi di mana proses berlangsung secara terus – menerus tanpa terhenti. Proses produksi secara kontinu dilakukan pada industri dengan skala produksi besar. Pada proses produksi secara kontinu umum digunakan sistem yang terotomatisasi. Dengan bantuan PLC (Programmable Logic Controller) atau pengontrol otomatis lain, kesalahan proses produksi akibat kecerobohan manusia dapat dikurangi sehingga proses produksi dapat berlangsung terus – menerus dengan kondisi yang stabil atau bahkan mendekati tunak (semua keadaan konstan dan tidak berubah). Contoh dari proses produksi kontinu adalah produksi laptop yang dilakukan di perusahaan besar, seperti ASUS, ACER, dan lainnya.

  • Kelemahan Proses Produksi Kontinu

Kekurangan/kerugian proses produksi yang terus-menerus (continuous manufacturing) yaitu :

  1. Terdapat kesukaran untuk menghadapi perubahan produk yang diminta oleh konsumen atau pelanggan. Jadi proses produksi seperti ini khusus untuk menghasilkan produk-produk yang :
    1. Permintaan (demand)-nya besar dan stabil, seperti laptop.
    2. Style produknya tidak mudah berubah. Laptop tidak atau jarang mengalami perubahan bentuk.
  2. Proses produksi mudah terhenti, karena apabila terjadi kemacetan di suatu tempat/tingkat proses (di awal, di tengah, atau di belakang), maka kemungkinan seluruh proses produksi akan terhenti yang disebabkan adanya saling hubungan dan urut-urutan antara masing-masing tingkat proses.
  3. Terdapat kesukaran dalam menghadapi perubahan tingkat permintaan, karena biasanya tingkat produksi (rate of production)-nya telah ditentukan dan bersifat permanen.
  • Kelebihan Proses Produksi Kontinu

Kebaikan / kelebihan proses produksi yang terus-menerus (continuous manufacturing) yaitu :

  1. Dapat diperoleh tingkat biaya produksi per unit (unit production cost) yang rendah apabila :
    1. Volume yang dihasilkan cukup besar.
    2. Terdapat standardisasi produk
  2. Dapat dikuranginya pemborosan-pemborosan dari pemakai tenaga manusia, karena sistem pemindahan bahan yang menggunakan tenaga mesin/listrik.
  3. Biaya tenaga kerja (labor cost)-nya rendah, karena jumlah tenaga kerjanya yang sedikit dan tidak memerlukan tenaga yang ahli (cukup yang setengah ahli) dalam pengerjaan produk yang dihasilkan.
  4. Biaya pemindahan bahan di dalam pabrik juga lebih rendah, karena jarak antara mesin yang satu dengan mesin yang lain lebih pendek dan pemindahan tersebut digerakkan dengan tenaga mesin (mekanisasi).

  • Proses Produksi yang Berulang-ulang (Repetitive Process)

Produksi berulang-ulang atau repetitive production adalah kegiatan produksi yang mana produksi dilakukan secara berulang-ulang dalam rentang waktu yang ditentukan. Contoh dari produksi berulang-ulang adalah produksi laptop jenis tertentu yang biasanya dilakukan pada rentang waktu beberapa bulan saja, untuk kemudian diganti dengan produksi laptop jenis lain.

  • Proses Produksi Campuran

Proses produksi campuran merupakan proses produksi yang menggabungkan fungsi intermitten process, continous process, serta repetitive process. Proses produksi campuran adalah proses membuat barang yang berbeda-beda setiap hari. Proses ini dilakukan untuk mengantisipasi permintaan dan untuk mencegah berhentinya barang di dalam gudang. Proses produksi campuran biasanya berupa partai kecil. Pemroduksi dengan metode produksi campuran harus memiliki pengetahuan produksi bermacam-macam barang. Selai itu, mereka juga dituntut untu cekatan, sehingga produksi akan dapat selesai sesuai dengan jadwal pengiriman.

Nah, begitulah penjelasan tentang apa itu proses produksi kontinu. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Apa itu Proses Produksi Kontinu | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.