Fungsi Firewall Pada Jaringan VoIP | TLJ

Fungsi Firewall Pada Jaringan VoIP | TLJ  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Server Softswitch | TLJ terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan atau biasa disebut dengan TLJ, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang fungsi firewall pada jaringan voip. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dan beragam jenis serangan dari komputer luar. Kebanyakan orang berfikir bahwa firewall adalah perangkat yang diinstal pada jaringan, dan mengontrol lalu lintas yang melewati segmen jaringan. Namun, anda juga dapat memiliki firewall berbasis host yang dapat dijalankan pada sistem itu sendiri, seperti ICF (Internet Connection Firewall).

Secara umum firewall komputer adalah program perangkat lunak yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi. Jadi, firewall adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan, seperti LAN atau Internet. Firewall juga merupakan bagian integral dari kerangka kerja keamanan komprehensif untuk jaringan yang kamu gunakan.

Firewall memiliki fungsi yaitu memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Fungsi firewall menjamin keamanan melalui aktivitas kontrol granular atas jenis fungsi. Firewall juga akan melangsungkan proses sistem yang memiliki akses ke sumber daya jaringan.

Jadi sudah jelaskan apa itu firewall, nahh dibawah ini merupakan penjelasannya tentang fungsi firewall pada jaringan VoIP.

Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

  1. Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, Firewall harus dapat mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi firewall.
  2. Firewall harus dapat melakukan pemeriksaan terhadap paket data yang akan melewati jaringan privat.
  3. Melakukan autentifikasi akses.
  4. Firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi.
  5. Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall. Ini memungkinkan membantu sebagai pendeteksian dini akan kemungkinan penjebolan jaringan.

Fungsi Firewall pada Jaringan VoIP

  1. VoIP memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk berbagai keperluan.
  2. Firewall komputer bertugas menutup port-port tersebut kecuali beberapa port yang perlu tetap terbuka.
  3. Firewall di VoIP bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam mencegah semua jenis hacking.
  4. Menjaga informasi rahasia dan berharga agar tidak keluar tanpa diketahui oleh pengguna.
  5. Untuk memodifikasi paket data yang datang melalui Firewall.

Nah, begitulah penjelasan tentang fungsi firewall pada jaringan voip. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran TLJ silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Fungsi Firewall Pada Jaringan VoIP | TLJ. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.