Kelas XII (12)TLJ

Apa itu Subscriber Internet Telepon | TLJ

Apa itu Subscriber Internet Telepon | TLJ  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Fungsi Firewall Pada Jaringan VoIP | TLJ terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan atau biasa disebut dengan TLJ, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang apa itu subscriber internet telepon. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

penjelasan-tentang-apa-itu-subscriber-internet-telepon

Pengertian Subscriber

Teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan unduh dari DSL berkisar dari 128 kb/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan unggah DSL lebih rendah dari unduh versi ASDL dan sama cepat untuk SDSL.

Dalam memberikan layanan broadband akses ke pelanggan, operator telekomunikasi memiliki beberapa ragam cara, dari sisi media yang digunakan dan dibedakan menjadi dua yaitu wireline (kabel) dan wireless (tanpa kabel). Teknologi wireline bisa digunakan teknologi DSL (Digital Subscriber Line), kabel modem, HFC maupun optik. Sedangkan teknologi wireless bisa memanfaatkan teknologi WLAN, BWA maupun WiMAX.

Digital Subscriber Line (DSL) merupakan teknologi modem yang menggunakan jalur telepon yang sudah ada untuk menyalurkan data dengan bandwidth lebar, seperti multimedia dan video. Salah satu contoh yang menggunakan DSL di Indonesia adalah PT. Telkom dengan nama SPEEDY.

Digital Subscriber Line (DSL) mempunyai 3 komponen penting, sebagai berikut :

  1. DSL Transceiver
    DSL Transceiver terdiri dari High Pass Filter (HPF) dan Low Pass Filter (LPF) yang berfungsi memisahkan voice band dengan band frekuensi yang lebih tinggi. Voice band ditransmisikan ke jalur telepon pelanggan, sedangkan band frekuensi yang lebih tinggi digunakan untuk kecepatan data tinggi antar PC.
  2. Filter
    Digunakan untuk memisahkan jalur data dan jalur suara. Biasanya disediakan oleh ISP satu paket dengan DSL Modem.
  3. DSLAM
    DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) berfungsi menerima sinyal dari pelanggan DSL dan meneruskan ke backbone berkecepatan tinggi, menggunakan teknik multiplexing. DSLAM terhubung dengan line DSL dengan kombinasi Asynchronous Transfer Mode (ATM), Frame Relay atau IP.
    DSLAM memiliki fungsi sebagai berikut.
    • Sebagai filter voice dan data
    • Sebagai modulator dan demodulator
    • Sebagai multiplexer

Prinsip Kerja Subscriber pada Internet Telepon

Asymmetric Digital Subscriber line (ASDL) merupakan salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, sehingga data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

ADSL menggunakan kabel telpon yang terlah ada, jadi bukan fiber optics. ADSL juga dijuluki revolusi di bidang internet atau istilah asingnya “broadband”.

ADSL mampu mengirimkan data dengan kecepatan bit yang tinggi, berkisar antara 1.5 Mbps – 8 Mbps untuk arah downstream (sentral – pelanggan), dan antara 16 Kbps – 640 Kbps untuk arah upstream (pelanggan – sentral). Kemampuan transmisi ADSL inilah yang mampu mengirimkan layanan interaktif multimedia melalui jaringan akses tembaga. ADSL sendiri merupakan salah satu anggota dari “DSL Familiy”. Teknologi x-DSL sendiri mempunyai berbagai macam variasi.

Nah, begitulah penjelasan tentang apa itu subscriber internet telepon. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran TLJ silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Apa itu Subscriber Internet Telepon | TLJ. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button