Keuntungan Dan Kerugian Produksi Massal | PKK

Keuntungan Dan Kerugian Produksi Massal | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Sejarah Produksi Massal Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang sejarah produksi massal produk perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.



Produksi massal merupakan metode yang paling umum diterapkan di dalam produk – produk perangkat keras. Dengan adanya produksi massal, produk – produk perangkat keras dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang relatif cepat. Namun, produksi massal harus direncanakan dengan matang karena produksi massal merupakan produksi yang berkesinambungan. Jika terdapat kesalahan dalam satu tahap produksi massal, maka tahap lain akan ikut terkena imbasnya.

Konsep produksi massal dapat dijumpai di berbagai jenis produk, mulai dari makanan, air mineral sampai perakitan (kendaraan bermotor dan peralatan rumah tangga).

Berikut adalah uraian mengenai keuntungan dan kerugian dalam penerapan teknologi massal.

  • Keuntungan

Berikut adalah keuntungan dalam melakukan proses produksi massal.

  1. Produksi massal adalah proses otomatis, yakni hanya dijalankan oleh mesin.
  2. Menekan biaya pengeluaran untuk pegawai.
  3. Tingkat produksi menjadi meningkat.
  4. Banyak modal yang dapat ditingkatkan dengan mengurangi beban biaya pegawai.
  • Kerugian

Berikut adalah kegiatan produksi massal yang dapat merugikan.

  1. Mesin untuk produksi massal biasanya berharga mahal.
  2. Karena sifatnya yang berulang – ulang, maka pekerja akan kehilangan rasa semangat.
  3. Merupakan produksi yang dianggap kurang fleksibel.
  4. Jika ada salah satu bagian yang rusak, maka divisi lain harus berhenti sampai mesin tersebut diperbaiki lagi.

Nah, begitulah penjelasan tentang keuntungan dan kerugian produksi massal. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Keuntungan Dan Kerugian Produksi Massal | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.