Pengertian Dan Konsep Umum Produksi Massal | PKK

Pengertian Dan Konsep Umum Produksi Massal | PKK  Baiklah kali ini saya akan melanjutkan dari pembahasan sebelumnya yaitu Apa itu Proses Produksi Kontinu | PKK alangkah baiknya anda membaca atau melihatnya terlebih dahulu agar lebih mudah dimengerti terkait apa itu proses produksi kontinu.

Pada kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan konsep umum produksi massal dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK. Baiklah langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Produksi massal merupakan metode yang paling umum diterapkan di dalam produk – produk perangkat keras. Dengan adanya produksi massal, produk – produk perangkat keras dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang relatif cepat. Namun, produksi massal harus direncanakan dengan matang karena produksi massal merupakan produksi yang berkesinambungan. Jika terdapat kesalahan dalam satu tahap produksi massal, maka tahap lain akan ikut terkena imbasnya.

Konsep Umum Produksi Massal

Produksi massal dikenal juga dengan istilah produksi mengalir atau produksi terus – menerus adalah produksi yang dibuat dalam jumlah besar. Termasuk di dalam produksi massal adalah kegiatan perakitan produk. Bersama dengan produksi kelompok besar dan produksi unit, produksi massal adalah salah satu dari tiga metode produksi.

Istilah produksi massal pertama kali dipopulerkan pada tahun 1926 lewat artikel yang ditulis di Encyclopediae Britannica. Artikel tersebut ditulis oleh seseorang yang bekerja di perusahaan Ford Motor. Sebelumnya, Koran The New York Times menggunakan istilah “Produksi Massal (Mass Production)” didalam judul berita utamanya.

Konsep produksi massal dapat dijumpai di berbagai jenis produk, mulai dari makanan, air mineral sampai perakitan (Kendaraan bermotor dan peralatan rumah tangga).

Produksi massal adalah aspek yang dapat menjangkau berbagai macam area ilmu. Namun, kita dapat membedakan produksi massal dengan produksi kerajinan atau industri rumahan. Aspek – aspek dalam produksi massal seperti lini produksi dan standarisasi ukuran telah lama ada bahkan sebelum era revolusi industri. Namun, adanya era revolusi industri yang menandai terciptanya mesin – mesin yang dapat membantu pekerjaan manusia telah membuka jalan bagi manusia dalam melansungkan produksi massal dalam waktu singkat.

Nah, begitulah pengertian dan konsep umum produksi massal. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Pengertian Dan Konsep Umum Produksi Massal | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.