Kelas XII (12)TLJ

Konfigurasi Pada Subscriber Internet Telepon | TLJ

Konfigurasi Pada Subscriber Internet Telepon | TLJ  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa itu Subscriber Internet Telepon | TLJ terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan atau biasa disebut dengan TLJ, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang konfigurasi pada subscriber internet telepon. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


konfigurasi-pada-subscriber-internet-telepon


Instalasi Subscriber Secara Umum Internet Telepon

Melakukan Dial-Up ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terkoneksi dengan internet. Salah satu caranya adalah koneksi internet dengan dial-up yaitu akses internet dengan menggunakan jalur telepon.

Untuk melakukan koneksi ini, perangkat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini :

~    1 unit komputer
~    1 modem
~    1 sambungan telepon


Hal yang harus dilakukan adalah :

~    Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
~    Memasang modem ke komputer
~    Menginstall software internet yang disediakan oleh ISP
~    Menghubungkan komputer (dial-up) ke ISP


Kelemahan dari Dial-Up adalah sebagai berikut :

  1. Saat melakukan koneksi internet, telepon tidak dapat digunakan untuk sambungan keluar atau menerima telepon.
  2. Akses ini menggunakan modem analog, sehingga kecepatan akses lebih rendah dibandingkan metode lainnya, yaitu berkisar antara 64 Kbps sampai 128 Kbps.
  3. Metode ini tidak dapat dijadikan hotspot karena kecepatan internet yang rendah. Internet Service Provider yang menggunakan metode ini adalah Telkomnet Instant dan D~NET.

Langkah – langkah menghubungkan komputer ke internet menggunakan ISP Telkomnet Instant :

  1. Klik Start> Program> Accessories> Communication> Pilih Network Connections
  2. Klik Create a new connection
  3. Klik Next *Kotak dialog New Connection Wizard
  4. Pilih Connect to the Internet, lalu klik Next. *Kotak dialog Network Connection Type
  5. Pilih Set Up my connection manually, lalu klik Next. *Kotak dialog Getting Ready
  6. Pilih Connect using a dial-up modem, klik Next. *Kotak dialog Internet Connection
  7. Pilih modem analog yang anda gunakan untuk setting dialup, klik Next. Jika teman-teman punya laptop atau modem internet pada komputer dekstop, tidak perlu melakukan instalasi modem. Driver modem sudah terinstall ketika menginstall sistem operasi atau driver laptop.
  8. Ketik telkomnet instant pada kotak ISP name.

Konfigurasi Subscriber Pada Internet Telepon

Banyak teknologi DSL menggunakan sebuah lapisan asynchronous transfer mode agar dapat beradaptasi dengan sejumlah teknologi yang berbeda.

Implementasi DSL dapat menciptakan jembatan jaringan atau penghalaan. Dalam konfigurasi jembatan jaringan, kelompok komputer pengguna terhubungkan ke subnet tunggal. Implementasi awal menggunakan DHCP untuk menyediakan detail jaringan seperti alamat IP kepda peralatan pengguna, dengan otentikasi melalui alamat MAC atau memberikan nama host. Kemudian implementasi seringkali menggunakan PPP melalui Ethernet atau asynchronous transfer mode (PPPoE atau PPPoA).

DSL juga memiliki rasio pembagian jaringan data yang layak dipertimbangkan pada saat memilih teknologi jalur lebar.

Nah, begitulah penjelasan tentang konfigurasi pada subscriber internet telepon. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran TLJ silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Konfigurasi Pada Subscriber Internet Telepon | TLJ. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button