Kelas XII (12)TLJ

Pengertian Tentang Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server VoIP | TLJ

Pengertian Tentang Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server VoIP | TLJ  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing lagi kepada teman – teman terkait Pembelajaran TKJ lagi mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan atau biasa disebut TLJ dengan pembahasan pengertian ekstensi dan dial plan pada server voip. Simak penjelasannya dibawah ini.

pengertian-ekstensi-dan-dial-plan-pada-server-voip

Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP

Ekstensi merupakan label dari extension, dapat berupa sebuah string berupa angka, huruf serta simbol yang ada atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang valid atau sama.

Dial Plan berguna sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX secara lokal maupun IP-PBX atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk Dial Plan di program dalam satu file yang bernama extensions.conf. Intinya setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang telah terdaftar di Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama terhadap id user.

Komponen Yang Membangun Tahapan Perintah Extension Atau Command Line adalah sebagai berikut :

  1. Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf, dan simbol yang diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command Line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
  2. Priority biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah prioritas 1 dijalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
  3. Command atau perintah adalah “aplikasi” yang akan di jalankan oleh Asterisk.
  4. Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.

Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP

        Dial antar ekstensi pada IP-PBX
        [voipkn] –>> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’
        exten => 101,1,Dial(SIP/101,20) –>> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
        exten => 101,2,Hangup –>> setelah timeout dilakukan hangup
        exten => 102,1,Dial(SIP/102,20)
        exten => 102,2,Hangup


Nah, begitulah pengertian tentang ekstensi dan dial plan pada server voip. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran TLJ silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Pengertian Tentang Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server VoIP | TLJ. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button