Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP | TLJ

Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP | TLJ  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing ke teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya terkait pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan atau biasa disebut dengan TLJ yaitu Pengertian Tentang Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server VoIP | TLJ, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Sekarang saya akan membahas tentang prosedur instalasi server softswitch berbasis SIP. Simak penjelasannya dibawah ini.

prosedur-instalasi-server-softswitch-berbasis-sip

Pengertian SIP

SIP (Session Initiation Protokol) adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text.

SIP tidak menyediakan layanan secara langsung tapi menyediakan layanan yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol) untuk transfer data secara realtime, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Dengan demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protocol – protocol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.

Pembangunan suatu komunikasi multimedia dengan SIP dilakukan melalui beberapa tahap :

  1. User Location : Menentukan lokasi pengguna yang akan berkomunikasi.
  2. User Availability : Menentukan tingkat keinginan pihak yang dipanggil untuk terlibat dalam komunikasi.
  3. User Capability : Menentukan media maupun parameter yang berhubungan dengan media yang akan digunakan untuk komunikasi.
  4. Session Setup : “ringing“, pembentukan hubungan antara pihak pemanggil dan pihak yang dipanggil.
  5. Session Management : Meliputi transfer, modifikasi, dan pemutusan sesi.

Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP

Komunikasi pada SIP dilakukan dengan mengirimkan message yang berbasis HTTP. Setiap pengguna mempunyai alamat yang dinyatakan dengan SIP – URI (Uniform Resource Identification).
Contoh SIP – URI : sip: syarif@tekajeee.com

Selain itu, alamat juga dapat dituliskan dalam tel – URL yang kemudian di konversikan menjadi SIP – URI dengan parameter ‘user’ diisi ‘phone’.

Contoh : tel: +62-22-2534119  ekivalen dengan sip: +62-22-2534119@tekajeee.com ; user=phone
Hubungan yang dibangun oleh SIP pada proses signalling bersifat client server. Dengan demikian ada 2 jenis message, yaitu request dan response.

Nah, begitulah penjelasan tentang prosedur instalasi server softswitch berbasis SIP. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran TLJ silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP | TLJ. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.