Penjelasan Tentang Konsep Proses Produksi | PKK

Penjelasan Tentang Konsep Proses Produksi | PKK  Baiklah disini saya akan membahas tentang pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK yaitu penjelasan tentang konsep proses produksi. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.


penjelasan-konsep-proses-produksi-pkk

  • Pengertian Proses Produksi

Proses diartikan sebagai suatu cara, metode, dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan, dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa (Assauri, 1995).

Proses juga diartikan sebagai cara, metode apapun teknik bagaimana produksi itu dilaksanakan. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan dan menambah kegunaan (utility) suatu barang dan jasa. Menurut Ahyari (2002) proses produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah kegunaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.

Melihat kedua definisi di atau, dapat diambil kesimpulan bahwa proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.

  • Jenis Proses Produksi Ditinjau dan Arus Produksi

Terdapat berbagai jenis proses produksi bila ditinjau dari berbagai segi. Proses produksi yang dilihat dari aspek arus proses pengolahan bahan mentah sampai menjadi produk akhir, terbagi menjadi dua yaitu proses produksi terus-menerus (continous processes) dan proses produksi terputus-putus (intermettent processes).

Penentuan tipe produksi didasarkan pada faktor-faktor seperti berikut :

    1. Volume atau jumlah produk yang dihasilkan,
    2. Kualitas produk yang diisyaratkan, dan
    3. Peralatan yang tersedia untuk melaksanakan proses.

Nah, begitulah penjelasan tentang konsep proses produksi. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Penjelasan Tentang Konsep Proses Produksi | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.