Pengertian Serta Keuntungan Kekurangan Dari Produksi Massal | PKK

Pengertian Serta Keuntungan Kekurangan Dari Produksi Massal | PKK  Baiklah disini saya akan memberikan lagi materi kepada teman – teman sekalian terkait tentang soal pembelajaran dari mata pelajaran PKK ( Produk Kreatif dan Kewirausahaan ) yaitu apa sih pengertian serta keuntungan kekurangan dari produksi massal?, simak pembahasannya dibawah ini.

Baiklah pertama – tama saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu PKK bagi yang belum mengetahuinya.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK merupakan mata pelajaran yang di keluarkan dan di pelajari oleh siswa mulai pada tahun 2017. Mata pelajaran PKK ini menyuruh siswa untuk membuat produk yang didesain berdasarkan kreativitas siswa. Mata pelajaran tersebut mendukung pembelajaran pada abad 21 sekarang ini seperti kreatif, critical thinking skill, komunikatif serta juga dengan kolaboratif.

pengertian-serta-keuntungan-kekurangan-dari-produksi-massal

Bagaimana sudah tahukan tentang apa itu PKK? Ya, mata pelajaran ini berperan penting dari bagian masa depan kita-kita yang masih belajar serta haus ilmu. Baiklah langsung saja ke pembahasan inti tentang “Pengertian serta Keuntungan Kekurangan dari Produksi Massal“.

  • Pengertian Produksi Massal

Produksi massal merupakan metode yang paling umum diterapkan dalam memproduksi suatu produk, untuk memproduksi dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang relatif cepat, namun produksi massal harus direncanakan dengan matang karena produksi proses yang berkesinambungan, jika terdapat kesalahan dalam satu tahap,maka tahap lain akan ikut terkena imbasnya.

Produksi massal dikenal juga dengan istilah produksi mengalir atau produksi terus-menerus adalah produksi yang dibuat dalam jumlah besar. Termasuk di dalam produksi massal adalah kegiatan perakitan produk. Bersama dengan produksi kelompok besar dan produksi unit, produksi massal adalah salah satu dari tiga metode produksi.

Istilah produksi massal pertama kali di populerkan pada tahun 1926 lewat artikel yang ditulis di Encyclopediae Britannica. Artikel tersebut ditulis oleh seseorang yang bekerja di perusahaan Ford Motor.

Konsep produksi massal dapat dijumpai di berbagai jenis produk, mulai dari makanan, air mineral sampai perakitan (kendaraan bermotor dan peralatan rumah tangga).

Produksi massal adalah aspek yang dapat menjangkau berbagai macam area ilmu. Namun, kita dapat membedakan produksi massal dengan produksi kerajinan atau industri rumahan. Aspek – aspek dalam produksi massal seperti ini produksi dan standardisasi ukuran telah lama ada bahkan sebelum era revolusi industri. Namun, adanya era revolusi industri yang menandai terciptanya mesin – mesin yang dapat membantu pekerjaan manusia telah membuka jalan bagi manusia dalam melangsungkan produksi massal dalam waktu singkat.


  • Keuntungan Produksi Massal

Berikut ini adalah keuntungan dalam melakukan proses produksi massal.

    1. Produksi massal adalah proses otomatis, yakni hanya dijalankan oleh mesin.
    2. Menekan biaya pengeluaran untuk pegawai.
    3. Tingkat produksi menjadi meningkat.
    4. Banyak modal yang dapat ditingkatkan dengan mengurangi beban biaya pegawai.

  • Kerugian Produksi Massal

Berikut adalah kegiatan produksi massal yang dapat merugikan.

    1. Mesin untuk produksi massal biasanya berharga mahal.
    2. Karena sifatnya yang berulang-ulang, maka pekerja akan kehilangan rasa semangat.
    3. Merupakan produksi yang dianggap kurang fleksibel.
    4. Jika ada salah satu bagian yang rusak, maka divisi lain harus berhenti sampai mesin tersebut diperbaiki lagi.

Nah, begitulah penjelasan tentang pengertian, keuntungan serta kekurangan dari produk massal. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Pengertian Serta Keuntungan Kekurangan Dari Produksi Massal | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.