Penyelesaian Perencanaan Proyek Pendahuluan | FDPP | PKK

Penyelesaian Perencanaan Proyek Pendahuluan | FDPP | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Pengalokasian Sumber Daya dan Perencanaan Waktu | FDPP | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang penyelesaian perencanaan proyek pendahuluan fase dalam perancangan produk. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

penyelesaian-perencanaan-proyek-pendahuluan-fdpp

Tahap penyelesaian perencanaan dilakukan setelah suatu proyek disetujui, tetapi belum menuju penggunaan sumber daya. Kegiatan ini melibatkan tim disebut dengan tim inti. Pada fase ini, perusahaan harus mampu menjelaskan visi produk.

Penulisan visi produk harus memakai bahasa yang memiliki makna umum. Untuk memberikan detail jelas suatu visi, maka tim inti harus mampu membuat sebuah pernyataan misi, asumsi, dan batasan.


  • Pernyataan Misi

Pernyataan misi mencakup :

    1. Uraian produk ringkas yang mencakup manfaat produk utama untuk pelanggan namun menghindari penggunaan konsep produk secara spesifik.
    2. Sasaran utama bisnis, mencakup waktu, biaya, dan kualitas.
    3. Pangsa pasar, yakni mengidentifikasi pasar utama dan pasar kedua yang perlu dipertimbangkan dalam suatu pengembangan.

  • Asumsi dan Batasan

Asumsi dan batasan diperlukan agar pengembangan teknis produk menjadi lebih terarah. Berikut adalah permasalahan yang perlu dipertimbangkan dalam menyatakan asumsi dan batasan.

    1. Manufaktur
      Mempertimbangkan kemampuan, kapasitas, dan batasan operasional manufaktur.
    2. Pelayanan
      Pelayanan pelanggan sangat menentukan keberhasilan perusahaan, sehingga perusahaan perlu dan harus mampu menyusun strategi dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.
    3. Lingkungan
      Sasaran aspek lingkungan menyatakan bahwa seluruh komponen akan di manufaktur kembal atau di daur ulang atau keduanya sehingga tidak akan ada komponen yang sia-sia.

Nah, begitulah penjelasan tentang penyelesaian perencanaan proyek pendahuluan fase dalam perencanaan produk. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Penyelesaian Perencanaan Proyek Pendahuluan | FDPP | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.