DNS

Pilih Yang Mana DNS Atau VPN, Perbedaannya Apa?

Pilih Yang Mana DNS Atau VPN, Perbedaannya Apa?  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman terkait pembahasan tentang perbedaan antara dns dan vpn harus pilih yang mana, perbedaannya apa, dan yang mana lebih aman dipakai. Simak penjelasannya dibawah ini.

pilih-yang-mana-dns-atau-vpn

Pada saat ini anda sudah pasti tau kebijakan dari pemerintah sudah banyak melakukan pemblokiran pada situs – situs atau layanan digital yang dianggap melanggar ketentuan, mulai dari situs pornografi, hack education, serta situs – situs yang ilegal, yang membuat DNS serta VPN makin populer belakangan ini.

DNS dan VPN mampu menyelinap masuk serta mengakses berbagai situs – situs ataupun layanan digital yang dibatasi oleh pemerintah.

Kementrian Komunikasi dan Informatika atau yang biasa disebut dengan Kemenkominfo dilaporkan melarang sejumlah penyedia jasa internet untuk membuka akses pemakaian Domain Name Server (DNS) serta Virtual Private Network (VPN). Pelanggaran tersebut merupakan bagian dari program keamanan internet Trust Positif yang digalang Komenkominfo.

Pelarangan tersebut bermasksud baik, mengapa? untuk mencegah anak – anak mengonsumsi konten negatif, dan juga ada pengelola DNS yang kurang canggih sehingga lalu lintas internet yang lewat mereka bisa dialihkan. Ada juga yang diam – diam menyisipkan iklan.

Tapi tidak ada salahnya anda memakai DNS atau VPN itu untuk bermaksud baik, seperti untuk menjadi pembelajaran di bidang Teknik Informasi dan Informatika serta Teknik Komputer dan Jaringan.

Apa Itu DNS?

Domain Name System atau biasa disebut dengan DNS merupakan sebuah sistem yang membantu manusia dan komputer untuk saling berkomunikasi saat mengakses website melalui internet. Manusia menggunakan nama ((URL) Uniform Resource Locator) sedangkan komputer menggunakan angka ((IP) Internet Protocol), dan DNS berada di antaranya untuk menerjemahkan URL menjadi angka IP yang bisa dipahami oleh komputer.

Server DNS terletak dekat dengan penyedia layanan internet atau sering disebut dengan ISP (Internet Service Provider). ISP inilah yang memetakan nama domain ketika pengguna berselancar di internet.

Apa itu VPN?

Virtual Private Network atau biasa disebut dengan VPN yang sangat populer saat ini menciptakan koneksi aman antara anda dan dunia internet. VPN memberi anda lapisan privasi dan anonimilitas ekstra sehingga anda dapat :

  • Menyembunyikan aktivitas internet dan lokasi anda supaya tidak terlacak (khususnya di jaringan WiFi publik).
  • Mengatasi penyensoran online dan menjelajahi internet dengan bebas.
  • Melakukan torrent dengan aman dan anonim tanpa pembatasan kecepatan.
  • Membuka blokir situs – situs streaming serta ilegal.

Perbedaan DNS dan VPN

DNS tidak menyediakan koneksi terenkripsi dan tidak mengubah alamat IP anda, hanya untuk mengubah DNS perangkat yang menyediakan akses ke situs – situs yang diblokir.

Karena tidak melakukan enkripsi data dan hanya merutekan ulang bagian tertentu dari lalu lintas sebuah situs, koneksinya menjadi lebih cepat dibandingkan VPN, namun keamanan dan privasi pengguna pun menjadi lebih rentan.

Sebaliknya pula, VPN yang menyediakan enkripsi data untuk melindungi keamanan data dan provasi pengguna, tentunya mempunyai koneksi yang lebih lambat dibandingkan dengan DNS karena harus melalui proses enkripsi terlebih dahulu. Meski begitu, kemanan data dan privasi pengguna bakal lebih terjamin bila memakai VPN nila dibandingkan dengan DNS.

Jadi menurut saya pribadi DNS memang unggul dari segi kecepatan, tetapi soal privasi dan keamanan data pengguna tidak cukup memumpuni sehingga DNS itu cukup agak rawan sih untuk dipakai oleh pengguna apalagi orang yang masih awam akan tentang internet. Oleh karena itu saya saranin memakai VPN meskipun lambat tetapi soal keamanan lebih terjamin dibandingkan dengan DNS.

Nah, begitulah penjelasan tentang perbedaan antara dns dan vpn pilih yang mana dan yang manakah yang lebih aman untuk dipakai. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Pilih Yang Mana DNS Atau VPN, Perbedaannya Apa?. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button