DNS

DNS Server Gratis dan Tercepat | Rekomendasi!!!

DNS Server Gratis dan Tercepat | Rekomendasi!!! – Baiklah pada saat ini saya akan memberikan rekomendasi DNS atau kepanjangan dari Domain Name System kepada teman – teman yang cepat serta gratis. Simak penjelasannya dibawah ini.

dns-gratis-dan-tercepat-rekomendasi

Seperti yang anda ketahui bahwa DNS merupakan sebuah sistem yang membantu manusia dan komputer untuk saling berkomunikasi saat mengakses website melalui internet. Manusia menggunakan nama ((URL) Uniform Resource Locator) sedangkan komputer menggunakan angka ((IP) Internet Protocol), dan DNS berada di antaranya untuk menerjemahkan URL menjadi angka IP yang bisa dipahami oleh komputer.

Server DNS terletak dekat dengan penyedia layanan internet atau sering disebut dengan ISP (Internet Service Provider). ISP inilah yang memetakan nama domain ketika pengguna berselancar di internet.

Untuk saat ini Indonesia banyak sekali sudah memblokir situs – situs yang tidak boleh dibuka, apalagi hal yang berbau negatif seperti contoh seperti situs – situs yang tidak mendidik atau menurunkan moral serta konten berbau dewasa, bukan hanya itu sih terkadang situs education juga terblokir entah karna apa mungkin situsnya berbahaya atau kebanyakan virus kaliyah mwheeπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„.

Jadi kali ini saya akan memberitahukan kepada teman – teman rekomendasi DNS Server yang dapat anda coba untuk bebas berselancar di pencaharian google, tapi tidak sebebas yang anda kira yah, terkadang google juga sudah menghapus situs atau memblokir situs yang berbahaya seperti pembunuhan, hacking, penipuan, dan lain – lain.

1.    Cloudflare

Cloudflare merupakan provider DNS Publik gratis serta tercepat hingga pada saat ini. Cloudflare meluncurkannya pada tahun 2018. Hingga saat ini masih jadi server DNS tercepat di dunia. Waktu responnya hanya 13 milisecond . Selain jadi yang unggul dalam hal kecepatan, Cloudflare juga mengedepankan keamanan dan privasi penggunanya.

Pada saat anda menggunakannya, data anda hanya akan tercatat selama 24 jam. Setelah itu, data anda akan hilang. Klaim tersebut tentu saja bukan bualan semata. Pihak Cloudflare meminta KPMG untuk mengaudit layanannya setiap tahun. Selain itu, merak juga meminta KPMG merilis laporannya secara publik. Hal tersebut untuk membuktikan pada publik bahwa Cloudflare memenuhi janjinya terkait privasi pengguna.

IPv4 DNS Cloudflare    : 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
IPv6 DNS Cloudflare    : 2606:4700:4700:1111 dan 2606:4700:4700::1001


2.    DNS Google

Google sangat mendominasi setiap lini yang berhubungan dengan web. Tidak terkecuali DNS. Google menyediakan layanan DNS secara gratis. Selain keamanannya cukup terjamin DNS Google juga mempercepat browsing dan cukup populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Layanan ini masuk jajaran papan atas server DNS tercepat. Walaupun tidak seaman Cloudflare, kemanan privasi dari layanan dari Google ini tidak terlalu buruk. Layanan ini merekam informasi alamat IP secara lengkap dari perangkat query selama 24 hingga 48 jam. Hal itu Google lakukan untuk menunjang diagnostik dan pemecahan masalah.

Pada dasarnya baik di semua sistem operasi atau perangkat yang terhubung dengan internet sama saja, Anda hanya perlu memasukkan alamat IP DNS Server ke dalam pengaturan Koneksi yang dipakai.

IPv4 DNS Google    : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
IPv6 DNS Google    : 2001:4860:4860::8888 dan 2001:4860:4860::8844

3.    OpenDNS

OpenDNS merupakan layanan domain yang dikelola oleh Cisco, perusahaan penyedia perangkat lunak dan keras yang berhubungan dengan jaringan komputer. OpenDNS menggunakan perutean Anycast yang juga digunakan oleh DNS Google. Anycast membantu memilih server DNS terdekat sehingga membuat proses browsing menjadi lebih cepat.

Provider ini menawarkan layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan gratis, anda bisa mendapatkan fasilitas seperti memblokir web phising, meningkatakan kecepatan web, filter untuk memblokir akses web berdasarkan kontennya (optional), dan email support. Untuk layanan berbayar anda bisa melihat history dari aktivitas internet anda selama setahun. Selain itu, anda juga mendapatkan opsi untuk melakukan lock down pada sistem dan membatasi akses hanya pada website tertentu. Biaya layanan premium dari OpenDNS adalah $20 per tahunnya.

IPv4 OpenDNS    : 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
IPv6 OpenDNS    : 2620:119:35::35 dan 2620:119:53::53


Jadi kesimpulan saya pribadi DNS memang gratis dan cepat, tetapi soal privasi dan keamanan data pengguna tidak cukup memumpuni sehingga DNS itu cukup agak rawan untuk dipakai oleh pengguna orang yang masih awam akan tentang internet. Oleh karena itu saya saranin mending pakai VPN ajah, meskipun lambat serta berbayar tetapi soal keamanan lebih terjamin dibandingkan dengan DNS.

Nah, begitulah penjelasan tentang DNS Server gratis serta tercepat. Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„.

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul DNS Server Gratis dan Tercepat | Rekomendasi!!!. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button