Apa Saja Jenis – Jenis Perakitan Produk Perangkat Keras | PKK

Apa Saja Jenis – Jenis Perakitan Produk Perangkat Keras | PKK – Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Prinsip Perakitan Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang apa saja jenis – jenis perakitan produk perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


apa-saja-jenis-jenis-perangkat-produk-perangkat-keras


Ada beberapa macam jenis perakitan yang sering digunakan di dunia industri, hal ini tergantung pada pekerjaan yang akan dilakukan. Biasanya faktor bentuk dan jumlah produk yang akan dihasilkan sangat menentukan. Pada umumnya ada dua macam jenis perakitan, yaitu :


    a. Perakitan Manual

Perakitan Manual adalah perakitan yang sebagian besar proses dikerjakan secara konversional atau menggunakan tenaga manusia dengan peralatan yang sederhana tanpa alat – alat bantu yang spesifik atau khusus.

    b. Perakitan Otomatis

Perakitan Otomatis adalah perakitan yang dikerjakan dengan sistem otomatis, seperti elektronik, mekanik, gabungan mekanik dan elektronik ( mekatronik ), dan membutuhkan alat bantu yang lebih khusus.


Sedangkan untuk jenis perakitan dapat dibedakan menurut jenis produk yang akan dilakukan perakitan, yaitu :

  1. Produk Tunggal
         Jenis perakitan tunggal yaitu perakitan dengan produk hanya satu jenis saja.

  2. Produk Seri
         Jenis perakitan produk seri adalah bila perakitan dilakukan dalam jumlah massal dalam bentuk dan ukuran yang sama. Contohnya proses perakitan produk elektronik, perakitan mobil, perakitan motor, dan lain – lain.



Nah, begitulah penjelasan tentang apa saja jenis – jenis perakitan produk perangkat keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Apa Saja Jenis – Jenis Perakitan Produk Perangkat Keras | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.