Tahapan Dalam Desain Untuk Manufaktur Dalam Perakitan PPK | PKK

Tahapan Dalam Desain Untuk Manufaktur Dalam Perakitan PPK | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Desain Untuk Manufaktur Dalam Perakitan Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang tahapan dalam desain untuk manufaktur dalam perakitan produk perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


tahapan-dalam-desain-untuk-manufaktur-dalam-perakitan-ppk



B. Tahapan dalam Design for Manufacturing

    Ada lima tahapan dalam proses desain manufaktur produk perangkat keras, yaitu:

1) Mengestimasi Biaya-Biaya Manufaktur

    Biaya manufaktur adalah penjumlahan dari semua pengeluaran untuk semua input dari sistem dan untuk biaya yang timbul dari waste. Ada beragam cara untuk mengklasifikasikan biaya antara lain:

a) Component costs: Biaya yang dikeluarkan untuk membeli komponen dari produk. Komponen dapat berupa komponen standar maupun komponen custom.

b) Assembly costs: Biaya yang dikeluarkan untuk merakit produk.

c) Overhead costs: Biaya yang tidak berhubungan langsung dengan proses produksi.

2) Mengurangi Biaya Komponen

    Ada beberapa strategi untuk meminimalkan biaya komponen, di antaranya dengan melakukan desain ulang komponen untuk mengurangi tahapan proses, melakukan analisis skala ekonomi, menggunakan komponen, dan proses standar.

3) Mengurangi Biaya Perakitan

 Beberapa pendekatan untuk mengurangi biaya perakitan adalah dengan mengintegrasikan part, memaksimalkan kemudahan perakitan (maximize ease of assembly), serta mempertimbangkan customer assembly.

4) Mengurangi Biaya Pendukung Produksi

   Salah satu aspek yang penting dari DFM adalah mengantisipasi kemungkinan kesalahan produksi. Strategi ini disebut dengan error proofing. Salah satu jenis kesalahan yang disebabkan karena part yang sedikit berbeda: sedikit berbeda ukuran, mirror image, atau part yang memiliki sedikit perbedaan pada komposisi material. Pendekatan untuk menghindari kesalahan produksi adalah dengan menghilangkan perbedaan atau dengan memberi identitas kepada part tersebut.

5) Mempertimbangkan Akibat dari Keputusan-Keputusan DFM terhadap Faktor-Faktor Lain

  Meminimalkan biaya produksi bukan satu-satunya tujuan dari proses pengembangan produk. Faktor lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah pengaruh DFM terhadap waktu dan biaya pengembangan produk serta kualitas produk.

Nah, begitulah penjelasan tentang tahapan dalam desain untuk manufaktur dalam perakitan produk perangkat keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Tahapan Dalam Desain Untuk Manufaktur Dalam Perakitan PPK | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.