Pihak – Pihak yang Berperan dalam Pengujian PPK | PKK

Pihak – Pihak yang Berperan dalam Pengujian PPK | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Pengujian Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang pihak – pihak yang berperan dalam pengujian produk perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


pihak-yang-berperan-dalam-pengujian-produk-perangkat-keras


Pihak – Pihak yang Berperan dalam Pengujian Produk Perangkat Keras

Berikut adalah pihak – pihak yang berperan dalam pengujian produk.

  1. Pemerintah
    Peran umum yang dilakukan pemerintah dalam pengujian adalah menetapkan hukum yang menyatakan kewajiban produsen untuk menjelaskan dan menjamin keamanan produknya. Sehubungan dengan perangkat keras, pemerintah mengatur standardisasi perangkat keras dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 tentang “Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik”.

  2. Perusahaan

    Peran perusahaan dalam pengujian produk adalah menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan standar perusahaan. Biasanya, standar yang diterapkan adalah standar fakultatif (artinya, perusahaan tersebut menetapkan aturan untuk dirinya sendiri), dan standar wajib (dikeluarkan pemerintah).

    Dalam kaitannya dengan perangkat keras, pengujian produk harus dilakukan sesua dengan ISO 27001. ISO/IEC 27001, atau lengkapnya “ISO/IEC 27001:2005 – Information technology — Security techniques — Information security management systems — Requirements”, adalah suatu stadar sistem manajemen keamanan informasi (ISMS, information security management system) yang diterbitkan oleh ISO dan IEC pada Oktober 2005. Standar yang berasal dari BS 7799-2 ini ditujukan untuk digunakan bersama dengan ISO/IEC 27002, yang memberikan daftar tujuan pengendalian keamanan dan merekomendasikan suatu rangkaian pengendalian kemanan spesifik. Organisasi yang mengimplementasikan ISMS sesuai dengan pedoman praktik terbaik pada ISO/IEC 27002 kemungkinan juga akan memenuhi persyaratan pada ISO/IEC 27001 walaupun sertifikasinya tetap opsional dan terlepas satu sama lain, kecuali jika diminta oleh para pemangku kepentingan organisasi.




Nah, begitulah penjelasan tentang pihak – pihak yang berperan dalam pengujian produk perangkat keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Pihak – Pihak yang Berperan dalam Pengujian PPK | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.