Kelas XII (12)PKK

Standardisasi dalam Kaitannya dengan Pengujian Perangkat Keras | PKK

Standardisasi dalam Kaitannya dengan Pengujian Perangkat Keras | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Pengujian Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang standardisasi dalam kaitannya dengan pengujian perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

standardisasi-dalam-kaitannya-dengan-pengujian-perangkat-keras

1. Pengertian Standardisasi

Standardisasi merupakan penentuan ukuran yang harus diikuti dalam memproduksi sesuatu. Standardisasi juga merupakan proses pembentukan standar teknis, yang bisa menjadi standar spesifikasi, standar cara uji, standar definisi, prosedur standar (atau praktik), dan lain-lain.

Istilah standardisasi berasal dari kata standar yang berarti satuan ukuran yang dipergunakan sebagai dasar pembandingan kuantitatif, kualitatif, nilai, dan hasil karya yang ada. Dalam arti yang lebih luas maka standar meliputi spesifikasi baik standar, namun harus atau sedapat mungkin diikuti agar kegiatan maupun hasilnya boleh dikatakan dapat diterima umum oleh penggunaan standee atau ukuran ini adalah hasil kerja sama pihak – pihak yang berkepentingan dalam industri di mana perusahaan itu berada. Misalnya, jika seluruh dunia memproduksi keran dan pipa air dalam bentuk dan ukuran yang berbeda – beda, maka tidaklah mungkin berbagai pipa lainnya, untuk itu diperlukan adaptor. Bilamana setiap produsen pipa dan keran air boleh memproduksi pipa semaunya tanpa memerhatikan ukuran pipa produsen lain, maka hasilnya terjadi kekacauan.

Standardisasi diimplementasikan ketika perusahaan mengeluarkan produk baru ke pasar. Dengan menggunakan standardisasi, kelompok dapat dengan mudah berkomunikasi melalui pedoman yang ditetapkan dalam rangka untuk menjaga fokus. Metode ini dibuat untuk memfasilitasi proses dan tugas, inilah mengapa interlocks dengan lean manufacturing. Terdapat empat teknik yang berbeda untuk standardisasi, yaitu penyederhanaan atau variasi kontrol, kodifikasi, nilai rekayasa, dan statistik proses kontrol.

Cek juga kelanjutannya dibawah ini :

  1. Pengertian Standardisasi
  2. Proses Standardisasi
  3. Standardisasi dalam Produk Perangkat Keras

Nah, begitulah penjelasan tentang standardisasi dalam kaitannya dengan pengujian perangkat keras bagian pengertian standardisasi, jika ingin melanjutkan penjelasannya silahkan klik bagian diatas kelanjutannya. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Standardisasi dalam Kaitannya dengan Pengujian Perangkat Keras | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button