Apa itu Pengendalian Mutu | PKK

Apa itu Pengendalian Mutu | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Standardisasi dalam Kaitannya dengan Pengujian Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang apa itu pengendalian mutu. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


Pengendalian Mutu

Pengendalian Mutu atau Quality Control adalah proses penilaian dan pengawasan qualitas atas hal – hal yang berkaitan dengan produksi yang mengharuskan bisnis untuk menciptakan lingkungan antara manajemen dan karyawan berusaha untuk mencapai kesempurnaan.

Pengendalian mutu dilakukan oleh personel pelatihan, membuat tolak ukur untuk kualitas produk dan menguji produk untuk memeriksa variasi yang signifikan secara statistik.

Pengendalian mutu melibatkan pengujian unit dan menentukan apakah mereka berada dalam spesifikasi untuk produk akhir. Tujuan pengujian pengendalian mutu adalah untuk menentukan kebutuhan tindakan korektif dalam proses pembuatan. Pengendalian mutu yang baik membantu perusahaan memenuhi permintaan konsumen untuk produk yang lebih baik.

Pengendalian mutu yang digunakan dalam bisnis sangat bergantung pada produk atau industri. Dalam pembuatan makanan dan obat, pengendalian mutu termasuk memastikan produk tidak membuat konsumen sakit, sehingga perusahaan melakukan pengujian kimia dan mikrobiologis terhadap sampel dari lini produksi.

Menurut ISO 9000

Menurut ISO 9000 mendefinisikan pengendalian mutu sebagai bagian dari manajemen qualitas yang berfokus pada pemenuhan standar kualitas suatu produk.

ISO 9000 berupa peningkatan kesadaran mutu karyawan, peningkatan efisiensi operasi dan mengurangi biaya akibat produk gagal. Berbicara tentang mutu diperlukan adanya persamaan persepsi antara produsen dan konsumen sehingga tidak terjadi perbedaan pemahaman yang pada akhirnya akan menimbulkan perselisihan antara kedua belah pihak. Untuk mencapai persamaan pengertian mengenai mutu produk atau pelayanan, kita telah mengenal berbagai standard yang mengatur spesifikasi dari produk dan jasa yang dihasilkan suatu organisasi.

Beberapa standard yang terkenal dari negara – negara maju, antara lain DIN (Jerman), JIS (Jepang), dan ANSI (Amerika). Indonesia memiliki standar yang dinamakan Standard Nasional Indonesia (SNI). Sekalipun standard produk yang ada cukup maju dan menjamin produk yang dibeli oleh pelanggan akhir, masih diperlukan pemastian yang sifatnya berkesinambungan. Perusahaan yang berhubungan dengan pelanggan akhir membutuhkan pemastian bahwa pemasoknya dapat memberikan produk atau jasa yang mutunya terjaga setiap saat. Standardisasi industri adalah suatu kenyataan yang diperlukan di dalam suatu sektor industri tertentu bila mayoritas produk atau jasa yang dihasilkan harus memenuhi suatu standard yang telah dikenal. Standard seperti ini perlu disusun dari kesepakatan – kesepakatan melalui konsensus dari semua pihak yang berperan dalam sektor tersebut, terutama dari pihak produsen, konsumen dan sering kali juga pihak pemerintah.

Nah, begitulah penjelasan tentang apa itu pengendalian mutu. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Apa itu Pengendalian Mutu | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.