Contoh Soal Uraian Tentang Proses Produksi | PKK

Contoh Soal Uraian Tentang Proses Produksi | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa Itu Proses Produksi | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas contoh soal uraian tentang proses produksi. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


contoh-soal-uraian-proses-produksi


Proses Produksi

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang pengertian dari Proses Produksi. Nah saat ini kita akan sharing kepada teman-teman sekalian contoh soal uraian yang sering ditanyakan dan sering muncul pada tugas-tugas kalian salah satunya yaitu Proses Produksi.

Langsung saja kalian cek dibawah ini, saya sudah sediain soal uraiannya beserta jawabannya ðŸ¤—



1. Pengertian Proses Produksi

Jawaban :

Proses diartikan sebagai suatu cara, metode, dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan, dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa (Assauri, 1995).



2. Karakteristik Proses Produksi Terputus-putus

Jawaban :

  1. Biasanya produk yangdihasilkan dalam jumlah yang sangat kecil namun dengan banyak variasi (sesuai pesanan).
  2. Penyusunan peralatan dilakukan berdasarkan fungsi peralatan tersebut.
  3. Mesin-mesin yang dipakai biasanya bersifat multiguna, misalnya obeng untuk melakukan reparasi berbagai macam barang.
  4. Oleh karena sifatnya yang multiguna, makaoperator mesin memiliki pengaruh besar.
  5. Proses produksi tidak akan terhenti walaupun terjadi kerusakan atau terhentinya salah satu mesin atau peralatan.



3. Kekurangan/Kelemahan Produksi Terputus-putus

Jawaban :

  1. Sulit untuk dilakukan penjadwalan proses produksi karena urutan pekerjaan yang banyak sekali di dalam memproduksi satu macam produk. Selain itu, dibutuhkan banyak sistem penjadwalan karena pasti akan terdapat perbedaan pesanan konsumen.
  2. Oleh karena banyaknya proses penjadwalan proses produksi, maka pengawasan produksi (production control) dalam proses produksi terputus-putus akan sangat sukar dilakukan.
  3. Biaya tenaga kerja dan biaya pemindahan bahan sangat tinggi, karena banyak dipergunakannya tenaga manusia dan tenaga yang dibutuhkan adalah tenaga yang ahli dalam pengerjaan produk tersebut.



4. Keuntungan Produksi Terputus-putus

Jawaban :

  1. Mempunyai fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi perubahan produk dengan variasi yang cukup besar. Fleksibilitas ini diperoleh terutama dari :
    1. Sistem penyusunan peralatan (lay ouy) yang berbentuk process layout.
    2. Jenis/tipe mesin yang digunakan dalam proses yang digunakan dalam prses yang bersifat umum (general purpose machnices).
    3. Sistem pemindahan bahan yang tidak menggunakan tenaga kerja mesin tetapi tenaga manusia.
  2. Oleh karena mesin-mesin yang digunakan dalam proses bersifat umum (general purpose machines), maka biasanya dapat diperoleh penghematan uang dalam investasi mesin-mesin, sebab harga mesin-mesin ini lebih murah dari pada msin-mesin yang khusus (special purpose machines).
  3. Proses produksi tidak mudah terhenti akibat terjadinya kerusakan atau kemacetan di suatu tempat/tingkat proses.



5. Kelemahan Proses Produksi Kontinu

Jawaban :

  1. Terdapat kesukaran untuk menghadapi perubahan produk yang diminta oleh konsumen atau pelanggan. Jadi proses produksi seperti ini khusus untuk menghasilkan produk-produk yang :
    1. Permintaan (demand)-nya besar dan stabil, sepertiu laptop.
    2. Style produknya tidakmudah berubah. Laptop tidakatau jarang mengalami perubahan bentuk.
  2. Proses produksi mudah terhenti, karena apabila terjadi kemacetan di suatu tempat/tingkat proses (di awal, di tengah, atau dibelakang), maka kemungkinan seluruh proses produksi akan terhenti yang disebabkan adanya saling hubungan dan urut-urutan antara maing-masing tingkat proses.
  3. Terdapat kesukaran dalam menghadapi perubahan tingkt permintaan, karena biasanya tingkat produksi (rate of production)-nya telah ditemukan dan bersifat permanen.




6. Kelebihan Proses Produksi Kontinu

Jawaban :

Kebaikan/kelebihan proses produksi yang terus-menerus (continuois manufacturing) yaitu :

  1. Dapat diperoleh tingkat biaya produksi per unit (unit production cost) yang rendah apabila :
    1. Volume yang dihasilkan cukup besar.
    2. Terdapat standarisasi produk.
  2. Dapat dikuranginya pemborosan-pemborosan dari pemakaian tenaga manusia, karena sistem pemindahan bahan yangmenggunakan tenaga mesin/listrik.
  3. Biaya tenaga kerja (labor cost)-nya rendah, karena jumlah tenaga kerjanya yang sedikit dan tidak memerlkan tenaga yang ahli (cukup yang setengah asli) dalam pengerjaan produk yang dihasilkan.
  4. Biaya pemindahan bahan di dalam pabrik juga lebih rendah, karena jarak antara mesin yang satu dengan mesin yang lain lebih pendek dan pemindahan tersebut digerakkan dengan tenaga mesin (mekanisasi).




Nah, begitulah penjelasan tentang contoh soal uraian tentang proses produksi. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Contoh Soal Uraian Tentang Proses Produksi | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.