Aspek – Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran dalam PPPK | PKK

Aspek – Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran dalam PPPK | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang apa saja Aspek-Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran dalam Pemasaran Produk Perangkat Keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


aspek-aspek-yang-dikenalkan-dalam-pemasaran-pppk


Aspek-Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran

Orientasi dasar pemasaran terletak pada pertanyaan apakah produk yang dibuat oleh produsen dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dari orientasi dasar tersebut, kita dapat bagian-bagiandari orientasi.


    A. Orientasi pada Produk

Produsen selalu menekankan pada kualitas produk. Dengan kata lain, selama produk yang dihasilkan tetap berada pada standar yang tinggi, konsumen akan membeli produk tersebut.

Pengenalan produk akan berhasil dengan maksimal jika produsen memiliki pandangan yang bagus tentang kebutuhan dan keinginan konsumen.


    B. Orientasi pada Penjualan

Produsen yang fokus pada pengenalan penjualan akan lebih mementingkan aspek penjualan daripada konsumen. Produsen tersebut akan lebih mementingkan promosi daripada produk yang akan memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi, produsen akan menjual barang yang sudah ada dan memberikannya promosi yang mewah agar konsumen mau membelinya dengan harga tinggi.

Pengenalan penjualan akan berhasil apabila produk yang dijual adalah produk yang memang laris di pasaran (permintaan tinggi).


    C. Orientasi pada Produksi

Produsen yang berorientasi pada orientasi produksi akan memproduksi suatu produk dalam jumlah yang besar.

Orientasi produksi akan dijalankan apabila produsen benar-benar yakin bahwa produknya mampu menyerap banyak permintaan dari konsumen. Selain itu, produsen juga harus yakin bahwa selera konsumen tidak akan berubah-ubah dengan cepat.


    D. Orientasi pada Pemasaran

Orientasi pada pemasaran mungkin adalah orientasi yang paling sering digunakan di dalam pemasaran kontemporer. Pada dasarnya, orientasi pada pemasaran adalah mensuplai produk yang kiranya dapat menjadi kebutuhan konsumen.


    E. Orientasi pada Konsumen

Banyak produsen yang masih berdiri dengan menciptakan produk yang dapat dibeli dan dibutuhkan oleh konsumen. Dengan kata lain, mengikuti selera konsumen adalah kunci dalam orientasi terhadap konsumen.


    F. Orientasi pada Perusahaan

Dalam orientasi pada organisasi, bagian pemasaran dianggap sebagai bagian terpenting dalam perusahaan.

Informasi dari bagian pemasaran akan digunakan sebagai panduan bagi bagian lain di dalam perusahaan.


    G. Kerja Sama yang Sama-Sama Menguntungkan

Di dalam transaksi pasar, perusahaan mendapatkan biaya kembali dan keuntungan sedangkan konsumen mendapatkan barang atau produk yang mereka inginkan, kepercayaan, dan garansi atasproduk dari produsen. Hal itulah yang dimaksud dengan kerja sama yang sama-sama menguntungkan.


Baca Lanjutannya Disini :

Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK

  1. Aspek – Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran
  2. Elemen dalam Pemasaran
  3. Lingkungan Pemasaran
  4. Strategi Pemasaran
  5. Peran Iklan dalam Pemasaran
  6. Macam – Macam Iklan dalam Pemasaran


Nah, begitulah penjelasan tentang apa saja Aspek-Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran dalam Pemasaran Produk Perangkat Keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Aspek – Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran dalam PPPK | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.