Strategi Pemasaran dalam PPPK | PKK

Strategi Pemasaran dalam PPPK | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang Strategi apa saja dalam Pemasaran Produk Perangkat Keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


strategi-pemasaran-dalam-PPPK


Strategi Pemasaran

Strategi pemasaranmerupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha bahwa strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya sehingga dalam menjalankan usaha kecil, khususnya, diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya, karena pda saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Berikut adalah hal-hal yang patut diperhatikan dalam penerapan strategi pemasaran.


A. Perencanaan Pemasaran

Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak bisa lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru.

  1. Langkah 1 : Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
    Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus diarahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka memerlukan. Riset pasar dimaksudkan untuk menentukan segmen pasar dan karakteristik konsumen yang dituju.
  2. Langkah 2 : Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market)
    Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu :
    a) Pasar Individual (individual market)
    b) Pasar Khusus (niche market)
    c) Segmentasi Pasar (market segmentation)
    Dari tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus (niche market) dan pasar individual (individual market). Sedangkan untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar (segmentation market).
  3. Menempatkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan
    Penerapan strategi pemasaran sangat tergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari ke hari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangan tergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan persaingan. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing, yaitu :
    a) Berorientasi pada pelanggan (customer orientation).
    b) Kualitas (quality) ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM), yaitu efektif, efisienm dan tepat.
    c) Kenyamanan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.
    d) Inovasi (innovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa, maupun proses.
    e) Kecepatan (speed), atau disebut juga Time Compression Management (TCM).
    f) Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
  4. Pemilihan Strategi Pemasaran
    Strategi pemasaran ialah panduan dari kinerha wirausaha dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausaha bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix), yaitu probe, product, place, dan promotion.

B. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Seperti telah dikemukakan bahwa langkah pertama dalam kegiatan pemasaran adalah meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Berapa jumlahnya, bagaimana daya belinya, di mana tempat konsumennya, dan berapa permintaannya. Semua ini merupakan informasi penting bagi pemasaran produk baru. Menurut Peggy Lambing dan Charles L. Kuehl (2000 : 153), keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferensiasi) perusahaan tersebut dengan pesaingnya dalam hal :

  1. Kualitas yang lebih baik.
  2. Harga yang lebih murah dan bisa ditawar.
  3. Lokasi yang lebih cocok, lebih dekat, dan lebih cepat.
  4. Seleksi barang dan jasa yang lebih menarik.
  5. Pelayanan yang lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen.
  6. Kecepatan, baik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang.

Baca Lanjutannya Disini :

Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK

  1. Aspek – Aspek yang Dikenalkan dalam Pemasaran
  2. Elemen dalam Pemasaran
  3. Lingkungan Pemasaran
  4. Strategi Pemasaran
  5. Peran Iklan dalam Pemasaran
  6. Macam – Macam Iklan Pemasaran


Nah, begitulah penjelasan tentang apa saja Strategi apa saja dalam Pemasaran Produk Perangkat Keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Strategi Pemasaran dalam PPPK | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.