pendidikan

Apa Jurusan Kuliah untuk Menjadi Pilot? Simak Penjelasannya!

Pilot adalah golongan pekerjaan yang banyak diminati. Meski demikian, informasi mengenai pendidikan dan kerja pilot masih sangat minim. Bahkan ada banyak pihak yang masih menanyakan apa jurusan kuliah untuk menjadi pilot yang relevan. Padahal, informasi ini tergolong informasi dasar yang wajib diketahui.

Agar tidak bingung, pada pembahasan ini akan diuraikan secara menyeluruh mengenai golongan jurusan apa yang bisa dimasuki untuk menjadi pilot. Bukan hanya itu saja, akan diberikan pula informasi mengenai sekolah yang direkomendasikan. Untuk lebih jelasnya, simak rincian berikut ini:

Jurusan Kuliah Apa untuk Jadi Pilot?

Jika seseorang ingin menjadi pilot, maka pemilihan jurusannya harus dipertimbangkan. Apabila dijabarkan, jurusan kuliah untuk menjadi pilot hanya ada satu, yaitu pendidikan pilot. Terkadang beberapa akademi atau sekolah penerbangan akan memberikan nama yang berbeda pada jurusan ini.

Namun sebenarnya, konsepnya sama dan bisa diartikan sebagai jurusan pendidikan pilot. Apabila tidak mengambil jurusan ini, maka orang tersebut tidak akan bisa menjadi seorang pilot. Jadi, jurusan ini memang harus ditempuh untuk menyelesaikan proses menjadi pilot sampai tamat.

Meski demikian, sekolah-sekolah penerbanyan memiliki golongan program masing-masing. Ada program diploma, ada juga program lisensi. Sebenarnya, dua jalur ini memiliki tujuan yang sama namun memiliki rincian sertifikasi yang tentunya tidak akan sama.

Program Studi di Jurusan Pendidikan Pilot

Seperti yang sudah diketahui, jurusan kuliah untuk menjadi pilot adalah pendidikan pilot. Namun jika dirinci lebih jauh, akan ada beberapa program studi yang bisa dimasuki oleh pihak-pihak yang mendaftar. Setidaknya ada tiga program studi berbeda yang masuk kategori di jurusan ini.

Setiap program studinya, akan dijabarkan secara jelas dan menyeluruh pada artikel kali ini. Penasaran seperti apa program studinya dan bagaimana spesifikasinya? Lihat jawabannya pada penjelasan berikut ini secara menyeluruh dan mendetail:

1. Penerbangan Sayap Putar

Untuk program studi ini, maka aspek yang dipelajari adalah bagaimana cara menerbangkan pesawat yang pengoperasian baling-balingnya dengan sistem putar. Program studi ini termasuk yang populer, karena sentimen publiknya juga sangat baik.

Jika masuk ke program studi ini, maka yang akan dijalankan adalah helikopter dan kendaraan sejenisnya. Tentu semua akan memakai baling-baling atau sayap putar. Jadi, proses pendidikannya akan fokus pada kendaraan dengan golongan seperti itu.

2. Penerbangan Sayap Tetap

Kemudian untuk program studi kedua, ada program studi penerbangan sayap tetap. Jika masuk ke program studi ini, maka fokus kendaraan yang dipakai adalah pesawat yang difungsikan dengan baling-baling tetap. Misalnya pesawat komersil dengan jenis airbus atau boeing.

Jika dibandingkan dengan yang lainnya, program studi ini adalah yang paling umum untuk dimasuki. Mengingat tenaga penerbang pesawat komersial sangat diperlukan, jadi tidak heran jika program studi ini banyak diminati oleh pihak-pihak yang ingin menjadi seorang pilot.

3. Operasi Pesawat Udara

Sedangkan untuk program studi terakhir, ada program studi operasi pesawat udara. Untuk golongan yang satu ini, maka penerbang akan difokuskan pada proses daya angkut, informasi cuaca, dan kebutuhan bahan bakar yang dirinci berdasarkan regulasinya.

Jadi proses penerbangan akan tetap diajarkan, namun fokus-fokus studi tersebutlah yang akan ditonjolkan. Karena tenaga untuk bidang-bidang ini sangat dibutuhkan, jadi tidak heran jika program studi ini juga banyak dijadikan rujukan dan pilihan.

Inilah penjelasan lengkap mengenai jurusan kuliah untuk menjadi pilot serta rekomendasi sekolahnya. Aspek penjelasan di atas tentunya sangat pas untuk dipahami bersama. Dengan demikian, proses pemilihan sekolahnya juga akan lebih mudah dan lebih terstruktur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button